Kode/Nama Matakuliah |
: |
PDGK4502/Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran di SD |
Tutor Pengampu |
: |
Lalu Sulhimunir, S.Pd. |
Tugas Tutorial |
: |
3 |
Nama Mahasiswa |
: |
Aang Kusnadi Yamin |
NIM |
: |
859129784 |
S O A L
1. Uraian tentang
pengertian kurikulum
2. Uraian fungsi kurikulum
bagi peserta didik
3. Uraikan Komponen utama
kurikulum
4. Jelaskan Landasan
Pengembangan Kurikulum
5. Jelaskan Prinsip umum
dalam pengembangan kurikulum
JAWABAN:
1. Uraian tentang
pengertian kurikulum:
Istilah kurikulum (curriculum), yang pada awalnya
digunakan dalam dunia olahraga, berasal dari kata curir (pelari) dan curere
(tempat berpacu). Pada saat itu, kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus
ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh
medali/penghargaan.
Kemudian, pengertian tersebut diterapkan
dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran (subjects) yang harus
ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk
memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.
Dari pengertian tersebut, dalam kurikulum
terkandung dua hal pokok, yaitu:
(1) adanya mata pelajaran yang harus
ditempuh oleh siswa, dan
(2) tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh
ijazah.
Secara konseptual
pengertian kurikulum dapat dikelompokkan pada tiga dimensi pengertian, yaitu
(1) Kurikulum
sebagai mata pelajaran (subjects),
(2) Kurikulum
sebagai pengalaman belajar (learning experiences), dan
(3) Kurikulum
sebagai program/rencana pembelajaran.
S. Hamid Hasan,
seorang guru besar dan pakar ilmu kurikulum dari Universitas Pendidikan
Indonesia (UPI) mengklasifikasikan pengertian kurikulum menjadi empat dimensi
pengertian, dimana satu dimensi dengan dimensi lainnya saling berhubungan.
Keempat dimensi kurikulum tersebut, yaitu:
(1) Kurikulum sebagai suatu ide/gagasan,
(2) Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, yang
sebenarnya merupakan perwujudan dari kurikulum
sebagai suatu ide,
(3) Kurikulum sebagai suatu kegiatan, realita atau
implementasi kurikulum; secara teoretis dimensi kurikulum ini adalah pelaksanaan
dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, dan
(4) Kurikulum sebagai suatu hasil, yang merupakan
konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.
2. Uraian fungsi kurikulum
bagi peserta didik:
Fungsi kurikulum
bagi peserta didik yaitu sebagai pedoman belajar. Dengan kata lain adalah
sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri dan konsumsi pendidikan. Hal ini
berkaitan juga dengan pengejaran target - target yang membuat peserta didik
dapat mudah memahami berbagai materi ataupun melaksanakan proses pembelajaran
setiap harinya dengan mudah.
Secara lebih
khusus, berkaitan dengan fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek didik
terdapat enam fungsi kurikulum sebagai berikut. :
a) Fungsi Penyesuaian (The Adaptive Function)
b) Fungsi Integrasi (The Integrating Function)
c) Fungsi Diferensiasi (The Differentiating Function)
d) Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function)
e) Fungsi Pemilihan (The Selective Function)
f) Fungsi Diagnostik (The Diagnostic Function)
3. Uraikan Komponen utama
kurikulum:
Komponen utama kurikulum adalah sebagai berikut:
(1) Tujuan,
(2) Isi/bahan,
(3) Strategi pembelajaran, dan
(4) Evaluasi/Penilian
Uraian berikut lebih diarahkan pada pembahasan mengenai keempat aspek atau
komponen tersebut di atas.
4. Jelaskan Landasan
Pengembangan Kurikulum:
Landasan Pengembangan Kurikulum yaitu:
A. Landasan Filosofis
Landasan filosofis mengacu pada pentingnya filsafat dalam melaksanakan,
membina, dan mengembangkan kurikulum di sekolah.
B. Landasan Psikologis
Pendidikan berkaitan dengan perilaku manusia. Dalam proses pendidikan itu
terjadi interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, baik lingkungan
yang bersifat fisik maupun lingkungan sosial.
1. Kurikulum dan Teori
Perkembangan Siswa
2. Kurikulum dan Teori Belajar
a. Belajar itu berdasarkan
keseluruhan
b. Belajar adalah pembentukan
kepribadian
c. Belajar berkat pemahaman
d. Belajar berdasarkan
pengalaman
e. Belajar itu adalah suatu
proses perkembangan
f. Belajar adalah proses
kontinu
g. Belajar dihubungkan dengan minat,
perhatian, dan kebutuhan siswa
C. Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan
dengan aspek masyarakat dan kebudayaan (society and culture).
a. Kurikulum dan masyarakat
b. Kebudayaan dan kurikulum
D. Landasan Teknologis
Landasan teknologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).
5. Jelaskan Prinsip umum
dalam pengembangan kurikulum:
Prinsip-prinsip Umum Pengembangan Kurikulum
1. Prinsip Berorientasi pada
Tujuan/Kompetensi
• Tujuan
kurikulum harus dapat dipahami dengan jelas oleh para pelaksana kurikulum untuk
dapat dijabarkan menjadi tujuan-tujuan lainnya yang lebih spesifik dan
operasional.
• Tujuan
kurikulum juga harus komprehensif, yakni meliputi berbagai aspek domain tujuan,
baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. Hal ini perlu diperhatikan agar
keluaran yang dihasilkan memiliki ketiga aspek domain tujuan tersebut secara
utuh.
2. Prinsip Kontinuitas
• Materi
kurikulum harus memiliki hubungan hierarkis fungsional. Bahan atau materi
kurikulum perlu dikembangkan secara
berkesinambungan mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat
Pertama, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, bahkan sampai ke jenjang Pendidikan
Tinggi.
3. Prinsip Fleksibilitas
• adanya
ruang gerak yang memberikan sedikit kelonggaran dalam melakukan atau mengambil
suatu keputusan tentang suatu kegiatan
yang akan dilaksanakan oleh pelaksana kurikulum
4. Prinsip
Integritas/keterpaduan,
• Manusia yang mampu
selaras dengan lingkungan hidup sekitarnya, mampu menjawab berbagai persoalan
yang dihadapi dalam kehidupannya.
Kurikulum harus dapat mengembangkan berbagai keterampilan hidup (life
skills), diantaranya:
a)
Keterampilan mengenal
diri sendiri (self awareness) atau keterampilan personal (personal skill),
kurikulum harus dapat mengembangkan
berbagai keterampilan hidup (life skills).
b)
Keterampilan berpikir
rasional (thinking skill)
c)
Keterampilan sosial
(social skill)
d)
Keterampilan akademik
(academic skill)
e)
Keterampilan vokasional
(vocational skill)
No comments:
Post a Comment