RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKR
MODEL 222
Satuan Pendidikan :
SDN 2 Batu Putik
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPS
Kelas :
V
dan VI
Semester :
1
(satu)
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
Waktu :
2 x 35 menit
Hari/Tanggal :
……………………………
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Bahasa Indonesia Kelas V
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog
tertulis (4)
IPS Kelas VI
Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia
dan sekitarnya (2)
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
Kelas V
Menulis
karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan (4.1)
IPS
Kelas VI
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga. (2.1)
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kelas V
·
Menyusun
kerangka karangan
·
Mengembangkan
kerangka karangan menjadi karangan yang utuh dan padu
IPS Kelas VI
- Menjelaskan penyebab terjadinya
perisitiwa-peristiwa alam
D.
TUJUAN
Bahasa
Indonesia
Kelas V
·
Melalui
tema ”Pengalaman” yang ditentukan guru, siswa dapat membuat kerangka karangan
yang sesuai dengan tema.
·
Melaui tanya jawab
siswa dapat menjelaskan 4 langkah dalam membuat kerangka karangan.
·
Melalui
kegiatan mencermati buku sumber, siswa dapat menuliskan minimal 4 ide pokok cerita dalam kerangka
karangannya secara berkesinambungan.
·
Disediakan
contoh hasil karangan yang dibuat oleh guru, siswa dapat mengembangkan kerangka
karangannya menjadi sebuah cerita yang utuh dan padu.
·
Siswa
menuliskan hasil karangan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) melalui buku EYD yang disediakan.
·
Siswa
dapat menempatkan penggunaan tanda baca yang tepat dalam karangannya
·
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat mengembangkan kerangka karangan yang ditentukan
oleh guru menjadi suatu cerita yang utuh dan padu.
IPS
VI
·
Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan 2 faktor penyebab terjadinya bencana alam.
·
Siswa
dapat menemukan 3 contoh bencana alam akibat faktor alam dengan tepat dengan
tanya jawab.
·
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya gunung
meletus dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa
dapat membedakan penyebab terjadinya gempa tektonik, gempa vulkanik, dan gempa
tanah runtuh melalui kegiatan mencermati buku sumber.
·
Melalui
kegiatan diskusi kelompok siswa dapat menceritakan kronologi terjadinya bencana
tsunami dengan bahasanya sendiri.
·
Siswa
dapat menyebutkan penyebab terjadinya angin topan dengan baik melalui kegiatan
diskusi kelompok.
·
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menemukan 2 contoh bencana alam akibat faktor manusia
dengan tepat.
·
Melalui
kegiatan diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan minimal 3 perilaku manusia
yang dapat menyebabkan bencana banjir dengan tepat.
·
Siswa
dapat menjelaskan minimal 2 perilaku manusia yang dapat menyebabkan bencana tanah
longsor melalui kegiatan diskusi kelompok.
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin,
Kerjasama, Percaya Diri, Tanggung Jawab, dan Ketelitian
E.
MATERI
POKOK
Bahasa
Indonesia
Kelas V
·
Pengalaman siswa
IPS
VI
·
Gejala
alam Indonesia
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
a.
Model PKR : 222
b.
Metode Pembelajaran
·
BI
Kelas V : Informasi,
tanya jawab, diskusi kelompok,
penugasan,
Praktik.
·
IPS
Kelas VI : Tanya jawab, diskusi kelompok, informasi, penugasan.
G.
SKENARIO
PEMBELAJARAN
NO. |
WAKTU |
KEGIATAN |
KELAS V |
KELAS VI |
Bahasa Indonesia |
IPS |
|||
Pengalaman Siswa |
Gejala Alam Indonesia
dan Tetangga |
|||
1 |
10’ |
Pendahuluan |
Pengantar dan
pengarahan tentang skenario pembelajaran |
Pengintruksian
kepada siswa untuk membentuk kelompok |
2 |
15’ |
Kegiatan
Inti 1 |
Kerja individu
dalam membuat dan mengembangkan kerangka karangan menjadi cerita yang
utuh dan padu |
Pengantar
dan pengarahan tentang skenario pembelajaran |
3 |
15’ |
Kegiatan Inti 2 |
Mengembangkan
kerangka karangan yang telah ditentukan guru secara berkelompok |
Mengidentifikasi
faktor penyebab terjadinya bencana alam secara berkelompok |
4 |
15’ |
Kegiatan
Inti 3 |
Performance
hasil kerja kelompok |
Performance
hasil kerja kelompok |
5 |
15’ |
Penutup |
Review, penguatan,
komentar, dan tindak lanjut |
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
KEGIATAN |
URAIAN KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
|
KELAS V |
KELAS VI |
||
AWAL |
1.
Mengucapkan salam. 2.
Salah seorang siswa memimpin doa untuk
mengawali kegiatan pembelajaran. 3.
Kegiatan presensi. |
10 menit |
|
4. Appersepsi Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
yang dimiliki siswa mengenai karangan
(Guru
: “Apakah kalian pernah mengungkapan
perasaan kalian ke dalam bentuk
tulisan?”). 5.
Siswa
diberikan serangkaian informasi oleh guru mengenai materi menulis karangan
yang akan dipelajari hari ini. |
4. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 3-4
anak. 5. Appersepsi Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
yang dimiliki siswa faktor
penyebab bencana alam (Guru : “Apakah di daerah kita pernah
mengalami bencana alam? Menurut kalian mengapa
bencana itu bisa terjadi? Hal-hal apa saja yang menyebabkannya?”). 6. Siswa diberikan serangkaian informasi oleh guru
mengenai materi tentang faktor penyebab bencana alam yang akan dipelajari
hari ini. |
||
6.
Siswa
menyimak informasi yang diberikan guru mengenai tujuan pembelajaran yang
harus dicapai. 7.
Siswa diinformasikan kegiatan yang akan dilakukan |
|||
INTI |
·
Eksplorasi 1.
Siswa
diintruksikan untuk mengingat kembali peristiwa-peristiwa berkesan yang
menjadi pengalaman pribadinya. 2.
Siswa
diberikan motivasi untuk mengarang melaui karangan milik guru yang
ditayangkan dalam slide power point. 3.
Siswa melakukan
tanya jawab dengan gurumengenai
langkah – langkah dalam membuat kerangka karangan. 4.
Siswa
diberikan Lembar Kegiatan Individu
(LKI) yang berisi mengenai pembuatan kerangka karangan dan pengembangan
kerangka karangan menjadi sebuah cerita. 5.
Siswa
mengerjakan LKI sesuai dengan intruksi yang ada. ·
Elaborasi 1.
Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 3-4 orang. 2.
Disediakan
Lembar Kegiatan Kelompok (LKK) bagi siswa yang berisikan sebuah kerangka
karangan yang telah ditentukan oleh guru. 3.
Melalui
diskusi kelompok siswa bersama-sama mengembangkan kerangka karangan dalam
LKK. 4.
Kelompok
siswa saling menukarkan LKK nya untuk dikoreksi kelompok siswa lain. ·
Konfirmasi 1.
Wakil dari kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas untuk
menyamakan persepsi
(mengenai hasil pengembangan karangan, penggunaan EYD, dan ketepatan tanda
baca). 2.
Kelompok
lain menanggapi hasil
presentasi. 3.
Siswa mengambil
kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. |
·
Eksplorasi 1. Siswa duduk mengelompok sesuai kelompok yang telah
dibentuk 2.
Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru mengenai 2 faktor utama penyebab terjadinya
bencana alam 3.
Siswa
melakukan kegiatan tebak gambar tentang bencana alam yang diakibatkan oleh
faktor alam ataupun faktor manusia melalui slide power point. ·
Elaborasi 1.
Siswa
diberikan Lembar Kegiatan Kelompok
(LKK) yang berisi faktor utama penyebab terjadinya bencana alam 2.
Siswa
mengerjakan LKK sesuai dengan intruksi yang ada. 3.
Kelompok
siswa saling menukarkan LKK nya untuk dikoreksi kelompok siswa lain. ·
Konfirmasi 1.
Wakil dari kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas untuk
menyamakan persepsi. 2.
Kelompok
lain menanggapi hasil presentasi. 3.
Siswa mengambil
kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. |
45 menit |
AKHIR |
1.
Siswa
diberikan
penguatan terhadap kerjanya
oleh guru. (Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 2.
Siswa menyimpulkan kegiatan
pembelajaran pada hari itu. 3.
Kesimpulan yang telah
diutarakan oleh beberapa siswa disempurnakan / diberikan penegasan kembali
oleh guru. 4.
Melakukan evaluasi hasil belajar (soal terlampir) 5. Refleksi Siswa menyampaikan berbagai bentuk kesan saat pelajaran berlangsung. 6. Tindak lanjut Siswa
dituntun untuk menemukan
nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung dengan bimbingan guru. 7.
Pelajaran ditutup dengan doa. |
15 menit |
I.
METODE
· Ceramah
· Tanya
jawab
· Diskusi
Kelompok
· Tugas
J.
MEDIA/ALAT
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Ø Media/Alat
Bahasa
Indonesia Kelas V
Contoh
karangan yang ditulis oleh guru dalam tayangan power point.
IPS Kelas 5
Gambar
mengenai berbagai macam bencana alam.
Ø Sumber
Pembelajaran
Bahasa
Indonesia kelas V
1. Kurikulum
KTSP SD
2. Nur’aini, Umri. 2008. Bahasa Indonesia 5 : untuk SD/MI kelas V.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3. WARSIDI, Edi. 2008. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4: untuk kelas IV Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
IPS Kelas VI
1.
Fattah, Sanusi. 2008. Terampil dan Cerdas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial: untuk SD/MI Kelas
VI. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
2.
INDRASTUTI.
2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 6:
untuk SD/MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
3. Kurikulum
KTSP SD
K.
PENILAIAN
a.
Prosedur :
Proses (LK pada kegiatan inti)
Produk (Tes pada kegiatan akhir yaitu
evaluasi)
b.
Jenis
Penilaian :
Tes (LK pada kegiatan inti dan tes pada
kegiatan akhir)
Non-tes (Tanya jawab pada kegiatan inti)
c.
Bentuk
Penilaian :
Subjektif
d.
Alat
Penilaian :
Soal, kunci jawaban dan standar penskoran
Mengetahui, Kepala Sekolah, AKHMAD YANI, S.Pd. NIP. 196512311986051087 |
|
Lombok Timur, 10 November 2020 Mahasiswa, AANG KUSNADI YAMIN NIM. 859129784 |
L.
LAMPIRAN
Lampiran 1 (Rangkuman materi)
1. Bahasa
Indonesia kelas V
Karangan
diartikan pula dengan rangkaian hasil pemikiran atau ungkapan perasaan ke dalam
bentuk tulisan yang teratur. Hasil rangkaian (susunan) kerangka karangan adalah
rencana kerja, yang memuat garis besar suatu karangan.
Manfaat kerangka karangan antara lain:
a.
Memudahkan penyusunan karangan sehingga
karangan menjadi lebih sistematis dan teratur.
b. Memudahkan penempatan antara bagian karangan
yang penting dengan yang tidak penting.
c. Menghindari timbulnya pengulangan bahasa.
d. Membantu
pengumpulan data dan sumber-sumber yang diperlukan.
Langkah-langkah
menulis karangan yang baik adalah sebagai berikut.
a.
Menentukan tema
Tema
adalah sesuatu yang menjadi dasar cerita. Dalam hal tertentu, tema sering
disinonimkan dengan ide atau tujuan utama cerita.
b.
Menentukan judul
c.
Membuat kerangka karangan
Membuat
kerangka karangan adalah membuat garis besar karangan yang akan
ditulis.
Contoh:
Tema:
Kesehatan
1.
Pengalaman selama sakit.
a.
Sakit yang pernah diderita
b.
Gejala-gejala sakit
2.
Masa perawatan
a.
Berobat
b.
Menjaga pola makan
3.
Setelah sembuh
a.
Menjaga kesehatan
b.
Makan yang bergizi
c.
Olahraga
2. IPS
kelas VI
Bencana
alam dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.
Faktor alam dapat diartikan bahwa suatu bencana yang terjadi disebabkan oleh
keadaan alam. Sedangkan faktor manusia merupakan perilaku lalai ataupun
perilaku tidak bertanggung jawab yang dilakukan manusia terhadap alam.
Contoh bencana alam murni diantaranya :
a. Gunung Meletus
Gunung
berapi meletus karena terjadi gerakan magma dari perut bumi dan keluar melalui
permukaan bumi.
b. Gempa Bumi
Gempa
bumi yang dibedakan menurut penyebab kejadiannya memiliki sebab masing masing
sesuai dengan nama dan jenis gempa tersebut.
·
Gempa bumi tektonik, terjadi akibat pelepasan tenaga dari pergeseran lempeng-lempeng
tektonik di permukaan bumi.
·
Gempa bumi vulkanik, disebabkan adanya aktivitas gunung berapi yang akan
meletus.
·
Gempa tanah runtuh, adalah gempa yang mengiringi bagian gua yang roboh
c. Tsunami
Tsunami
tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun di sepanjang patahan
selama gempa terjadi atau saat bagian gunung berapi yang meletus runtuh ke
dalam laut.
d. Angin Topan
Penyebab
terjadinya angin topan adalah karena adanya pergerakan udara yang sangat
kencang.
Contoh bencana alam akibat ulah manusia diantaranya :
a. Banjir
Penyebab
terjadinya banjir yaitu penebangan pohon-pohon di hutan secara liar, pembangunan vila-vila di
pegunungan atau membuang sampah di sungai dapat menimbulkan bencana banjir.
Begitu pula ketika sungai penuh dengan sampah dan banyak pemukiman kumuh di
sekitarnya, maka sungai akan mengecil dan tidak mampu menampung debit air yang
banyak dari pegunungan sehingga air meluap di pemukiman penduduk.
b.
Tanah Longsor
Penebangan
liar yang dilakukan oleh manusia dapat menyebabkan rusaknya hutan. Hutan yang
rusak dan gundul dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Selain itu juga
dengan adanya kegiatan penambangan. Tidak jarang areal bekas penambangan
ditinggalkan begitu saja. Akibatnya menimbulkan berbagai bentuk kerusakan
lingkungan seperti tanah longsor.
Nama : Kelas/ No. : Waktu :
Bahasa Indonesia kelas V
LEMBAR KEGIATAN INDIVIDU
Cobalah untuk
membuat kerangka karangan yang bertema ”Pengalaman”. Tuliskan ide kerangka
karanganmu di bawah ini !
Judul :
............................................................
1. .....................................................................................................................................
........................................................................................................................................
2. ....................................................................................................................................
........................................................................................................................................
3. ....................................................................................................................................
........................................................................................................................................
4......................................................................................................................................
........................................................................................................................................
.......................................................................................................... ......................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................................................
Nama Kelompok : Anggota :
1. Bahasa
Indonesia kelas V
LEMBAR
KEGIATAN
KELOMPOK
Bentuklah
sebuah kelompok yang terdiri atas 3-5
orang. Bersama kelompokmu, cobalah mengembangkan kerangka karangan di bawah
ini.
Tema :
Liburan Sekolah
1.
Persiapan sebelum berangkat
2.
Pengalaman di perjalanan
3.
Di tempat tujuan
4.
Kembali ke rumah
1. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. 2. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. 3. …………………………………………………………….............. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………… 4.
…………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kemudian
kamu dapat membuat karangan dari kerangka karangan tersebut menjadi sebuah
cerita yang menarik.
…………………………………………………………………………… ........................................................................................................................................................ ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................................
2. Nama Kelompok : Anggota :
LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK
(LKK)
A. Selesaikanlah beberapa permasalahan
di bawah ini. Bekerja samalah dengan temanmu melalui diskusi !
1.
Mengapa sebuah gunung dapat meletus? Apa sajakah faktor penyebabnya?
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
2. Apa
perbedaan antara gempa bumi tektonik, gempa vulkanik, dan gempa tanah runtuh dilihat dari segi penyebabnya?
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
3. Carilah informasi
mengenai peristiwa Tsunami di Aceh. Kemudian ceritakan dengan singkat dan jelas
mengenai kronologi terjadinya bencana alam tersebut.
...............................................................................................................................
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
4. Mengapa angin topan dapat terjadi?
...............................................................................................................................
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
5. Apa sajakah 3 perbuatan buruk manusia yang dapat
mengakibatkan banjir ? Sertakan alasannya.
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
6. Sebutkan 2 perilaku
manusia yang dapat menyebabkan bencana tanah longsor. Berikanlah alasannya
masing-masing.
............................................................................................................................... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
...... ...............................................................................................................................
B. Lengkapilah tabel di
bawah ini dengan memberi tanda (√ )
!
No. Jenis Bencana Faktor Penyebab Alam Manusia 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Gempa Bumi Tsunami Banjir Tanah longsor Kekeringan Kebakaran Hutan Gunung Meletus Angin topan …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… …………………… ……………………
Lampiran 4 (Evaluasi)
1. Nama : ……………………………….. No. Absen :……………………………….. Tanggal :……………………………….. Waktu :____:____ sampai ____:____
NILAIKU :
A.
Pilihlah satu
jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a,
b, c, atau d!
1.
Berikut ini merupakanmanfaat kerangka
karangan, kecuali . . . .
a.
Memudahkan
penyusunan karangan sehingga karangan menjadi lebih sistematis dan teratur
b.
Menambah
rumit penulisan sebuah karangan
c.
Menghindari
timbulnya pengulangan bahasa
d.
Membantu
pengumpulan data dan sumber-sumber yang diperlukan
2. Setelah menentukan
tema, hal yang tepat dalam menulis sebuah karangan yaitu . . . .
a. Membuat kerangka
karangan
b. Segera membuat
karangan
c. Merencanakan panjang
pendeknya cerita
d. Menentukan judul
karangan
3. Membuat kerangka
karangan artinya . .
.
a. Membuat ringkasan
dari karangan yang akan dibuat
b. membuat garis besar karangan yang akan ditulis
c. Mengurutkan kronologi
cerita dalam karangan
d. Membuat rincian
sebuah bahan yang akan ditulis
4.
Berikut ini merupakan kerangka
karangan yang tidak sesuai dengan tema kesehatan yaitu . . . .
a.
Pengalaman
selama sakit.
b.
Berlibur
di rumah sakit
c.
Setelah
sembuh
d.
Masa
perawatan
5. Jika kita ingin
memeriksa dan menyempurnakan penulisan ejaan dan tanda baca yang tepat dalam
menulis dapat menggunakan pedoman…..
a. Kamus Bahasa
Indonesia
b. Ejaan Yang
Disempurnakan (EYD)
c. Ensiklopedi
d. Kumpulan buku-buku
cerita
B.
Bacalah dengan cermat perintah di bawah ini!
1.
Buatlah kerangka karangan yang bertemakan kegemaranku.
2.
Tulislah sebuah cerita yang menarik dari kerangka karangan yang telah
dikembangkan tersebut dengan memperhatikan ejaan dan penulisan tanda bacanya.
2. Nama : ……………………………….. No. Absen :……………………………….. Tanggal :……………………………….. Waktu :____:____ sampai ____:____
NILAIKU :
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara
memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.
Berikut ini yang merupakan faktor-faktor terjadinya bencana alam
yang paling tepat ,
yaitu
. . . .
a.
Faktor ekonomi & faktor manusia
b.
Faktor alam & faktor agama
c.
Faktor budaya & faktor
manusia
d.
Faktor alam & faktor manusia
2. Gejala
susulan akibat gempa bumi yang berpusat di dasar laut adalah . . . .
a.
Tanah longsor
b.
Banjir
c.
Badai
d.
Tsunami
3.
Di bawah ini
merupakan contoh bencana alam yang murni karena faktor alam adalah . . . .
a.
Banjir
b.
Abrasi
c.
Tanah longsor
d.
Gempa bumi
4. Tingkah
laku manusia yang dapat menyebabkan banjir juga tanah longsor yaitu . . . .
a.
Penebangan hutan
secara liar
b.
Membuang sampah di
sungai
c.
Memilih lokasi
tambang sembarangan
d.
Merubah lahan
persawahan menjadi lahan perumahan
5.
Salah satu penyebab terjadinya
gunung meletus adalah…..
a.
Gempa bumi
b.
Timbul keretakan
c.
Gerakan magma dari perut bumi yang keluar
d.
Magma yang terlalu panas
6.
Dibawah ini yang bukan merupakan jenis gempa bumi menurut penyebab
kejadiannya yaitu . . . .
a.
Gempa tanah runtuh
b.
Gempa tektonik
c.
Gempa sebelum tsunami
d.
Gempa vulkanik
7.
Gunung berapi yang akan meletus menunjukkan sebuah gejala berupa gempa,
yaitu jenis gempa. . .
a.
Gempa tanah runtuh
b.
Gempa tektonik
c.
Gempa sebelum tsunami
d.
Gempa vulkanik
8.
Yang membedakan antara gempa tektonik dengan gempa tanah runtuh yaitu.
. . .
a.
Gempa tektonik terjadi karena aktivitas gunung berapi, gempa tanah
runtuh hanya mengiringi bagian gua yang roboh
b.
Gempa tektonik terjadi karena pergeseran lempeng bumi, gempa tanah
runtuh hanya mengiringi bagian gua yang roboh
c.
Gempa tektonik terjadi karena mengiringi bagian gua yang roboh, gempa
tanah runtuh terjadi karena aktivitas gunung berapi
d.
Gempa tektonik terjadi karena mengiringi bagian gua yang roboh, gempa
tanah runtuh terjadi karena pergeseran lempeng bumi
9. Angin topan terjadi karena .
. . .
a. Udara sangat gersang
b. Pertemuan antara dua arah angin yang berlawanan
c.
Pergerakan udara yang sangat kencang
d. Udara mengandung banyak debu yang mudah terbawa arus
angin
10. Peristiwa yang mungkin dapat terjadi ketika areal
pertambangan ditinggalkan begitu saja yaitu .
. . .
a. Tanah longsor
b. Tanah semakin subur
c.
Terjadi banjir
d. Terjadi abrasi
Lampiran 5 (Kunci
Jawaban)
1. Bahasa
Indonesia kelas V
A.
1.
B
2.
D
3.
B
4.
B
5.
B
B.
Rambu-Rambu
Jawaban :
1. Kerangka karangan yang dibuat oleh siswa tidak menyimpang terlalu jauh
dari tema kegemaranku.
2. Karangan yang ditulis oleh siswa sesuai dengan tema, memiliki urutan
cerita yang runtut, penulisan ejaan serta tanda baca yang tepat.
2. IPS
kelas VI
1.
D
2.
D
3.
D
4.
A
5.
C
6.
C
7.
D
8.
B
9.
C
10. A
Lampiran 6 (Penilaian)
PENILAIAN
A. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
|
KELAS V |
KELAS VI |
||
1.
Menyusun
kerangka karangan 2.
Mengembangkan
kerangka karangan menjadi karangan yang utuh dan padu |
1.
Menjelaskan penyebab terjadinya
peristiwa-peristiwa alam |
Diskusi kelompok Tugas individu |
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk
menyampaikan pendapat) § Penilaian lisan (keberanian menyampaikan
pendapat) § Penilaian tulisan § Penilaian sikap (pengamatan perilaku) |
B.
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
*
semua benar *
sebagian besar benar *
sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
& Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Pengetahuan Sikap |
* Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4 2 1 4 2 1 |
& Lembar
Penilaian
Performance
No. |
Nama Siswa |
Performansi |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pengetahuan |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment