Friday, November 13, 2020

RESUME MODUL 7 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD

 

 

TUGAS 1

 

MATA KULIAH PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD

(PDGK4204)

 

RESUME MODUL 7

 

“PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

 

SRIWATI (859129483)

AGUSTINA MARIANI (859129509)

AANG KUSNADI YAMIN (859129784)

ABDUL LATIF KAMAR (859130044)

MISKIAH (859130051)

 

 

UPBJJ UT MATARAM

POKJAR LOMBOK TIMUR

2020.2

 


 

DAFTAR ISI

 

 

Sampul................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 1

Daftar Isi................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 2

Kata Pengantar................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 3

BAB I................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4

Pendahuluan................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4

BAB II................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

Kegiatan Belajar 1................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

A.      Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Keterampilan Berbahasa.................................................................................................... .................................................................................................. 5

B.      Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Sastra.................................................................................................... .................................................................................................. 6

C.      Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Berbagai Fokus.................................................................................................... .................................................................................................. 6

BAB III................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

Kegiatan Belajar 2................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

Model Pembelajaran Bahasa Indonesia................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

A.      Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Keterampilan Berbahasa.................................................................................................... .................................................................................................. 8

B.      Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Sastra.................................................................................................... .................................................................................................. 8

BAB IV................................................................................................................ ............................................................................................................ 10

Penutup................................................................................................................ ............................................................................................................ 10

Daftar Pustaka................................................................................................................ ............................................................................................................ 11

Peta Konsep................................................................................................................ ............................................................................................................ 12


 

Kata Pengantar

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat waktu dan nikmat sehat sehingga kami dari kelompok modul 7 mampu menyelesaikan tugas partisipasi pada mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di SD ini dengan baik.

Terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada bapak tutor yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan resume dalam bentuk makalah ini, dengan harapan semoga sesuai dengan standar penilaian dari bapak tutor.

Terimakasih pula kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian tugas ini.

Demikian.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BAB I

PENDAHULUAN

 

Jika pada modul 6 kita telah mempelajari pembelajaran Membaca Menulis Permulaan yang khusus untuk siswa SD kelas rendah maka pada modul 7 ini kita akan mendapat gambaran bagaimana pembelajara bahasa Indonesia di SD/MI.

Mata kuliah ini akan membekali kita pengetahuan tentang pengertian pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus serta tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus. Di samping itu akan membekali kita keterampilan dalam menyusun contoh atau model pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus secara garis besar.

Materi modul ini disusun menjadi dua kegiatan belajar yaitu sebagai berikut:

Kegiatan Belajar 1: Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia yang meliputi;

(a)                pembelajaran bahasa indonesia dengan fokus keterampilan berbahasa;

(b)               pembelajaran bahasa indonesia dengan fokus sastra, dan;

(c)                tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus.

Modul ini merupakan modul ke tujuh dari mata kuliah pendidikan bahasa indonesia SD dan merupakan satu kesatuan dengan modul-modul lainnya.


 

BAB II

KEGIATAN BELAJAR 1

FOKUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

A.            PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS KETERAMPILAN BERBAHASA

Bahasa Indonesia sebagai bahan pengajaran secara garis besar terdiri atas 3 komponen, yaitu:

1.      Kebahasaan

2.      Kemampuan berbahasa

3.      Kesastraan

Kompetensi kebahasaan terdiri dari 2 aspek, yaitu :

1.      Struktur kebahasaan yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan kewacanaan.

2.      Kosakata.

Sedangkan kemampuan berbahasa terdiri atas 4 aspek, yaitu :

1.              Kemampuan mendengarkan / menyimak

2.              Kemampuan membaca

3.              Kemampuan berbicara

4.              Kemampuan menulis

Dimana dalam praktik komunikasi yang nyata keempat keterampilan tersebut tidak berdiri sendiri melainkan merupakan perpaduan dari keempatnya. Tidak mungkin di dalam kelas guru hanya melatih pengembangan kompetensi berbicara saja tanpa diikuti oleh keterampilan berbahasa yang lain, namun karena materi pembelajaran bahasa Indonesia itu meliputi beberapa aspek, maka pembelajaran bahasa ada pemfokusan dari aspek-aspek tersebut.

Dengan demikian ada pembelajaran bahasa dengan fokus keterampilan berbahasa, dan adapula pembelajaran bahasa dengan fokus sastra.

Yang dimaksud dengan pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus keterampilan berbahasa adalah pembelajaran bahasa Indonesia yang ditekankan pada pengembangan salah satu kompetensi dasar dan keempat keterampilan berbahasa yang ada.

Dengan demikian, dalam langkah-langkah pembelajaran semua kegiatan belajar mengajar tertumpu atau berfokus pada satu keterampilan berbahasa yang telah ditetapkan.

B.             PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS SASTRA.

Disamping difokuskan pada keterampilan berbahasa, pembelajaran bahasa Indonesia dapat pula difokuskan pada sastra, tetapi tetap diintegrasikan dengan kompetensi dasar yang lain misalkan pada pembelajaran mendengarkan dongeng, mendeklamasikan puisi, mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.

Pada saaat ini pembelajaran sastra ditekankan pada apresiasi sastra. Oleh karena itu, teori-teori sastra diajarkan  dengan persentase yang sangat kecil, dan tentu saja semakin tinggi jenjang pendidikan siswa, teori-teori sastra itu perlu diajarkan sebagai bekal pengetahuan untuk mengapresiasi karya sastra.

Pembelajaran bahasa Indonesia dengan focus sastra berarti dalam langkah-langkah pembelajarannya semua kegiatan belajar mengajar difokuskan untuk mengapresiasi sastra apa lewat pembacaan puisi, mendengarkan cerita rakyat atau yang lainnya yang disesuiakan dengan tingkat kelas siswa.

C.             TUJUAN DAN MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN BERBAGAI FOKUS.

Adapun tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbagai  fokus tersebut adalah agar siswa dapat mengembangkan kompetensi mana yang ditekankan, misalnya yang ditekankan adalah kompetensi dasar rmendengarkan maka porsi untuk pembelajaran mendengarkan lebih banyak daripada keterampilan yang lain.

Kalau dilihat dari segi guru, pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbagai focus ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran di kelas.

BAB III

KEGIATAN BELAJAR 2

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

Setiap pembelajaran keterampilan memiliki ciri-ciri tersendiri yang harus dikuasai guru. Sebagai guru yang profesional, dituntut untuk mengetahui masing-masing ciri (karakter) setiap pembelajaran keterampilan berbahasa (kompetensi dasar berbahasa), kompetensi dasar kebahasaan dan juga sastra. Hal yang tak kalah penting bagi guru bahasa adalah : (1) memahami betul karakteristik pembelajaran untuk masing-masing kompetensi; (2) memahami tuntutan kurikulum dan masyarakat; (3) menafsirkan secara kritis dan kreatif  isi kurikulum; (4) memahami  masing-masing kompetensi dalam pembelajaran BI di SD.

Pembelajaran mendengarkan dan berbicara merupakan pembelajaran pertama yang dapat dilakukan guru pada pertemuan pertama baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Pembelajaran mendengarkan pada kelas rendah dimaksudkan untuk mengetahui  daya simak siswa, daya apresiasi siswa terhadap bunyi dan juga digunakan sebagai dasar mengungkapkan pengetahuan, kemampuan dan keberanian siswa dalam  berbicara. Kedua keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan dan berbicara merupakan kegiatan yang resiprokal, artinya, kegiatan tersebut saling mengisi. Adanya kegiatan berbicara jika ada yang mendengarkan dan sebaliknya.

Pembelajaran membaca pada kelas rendah bertujuan untuk mengenalkan huruf, kata, kalimat sederhana pada anak. Sistem pembelajarannya dikenal dengan istilah membaca awal (membaca permulaaan), sedangkan pada kelas tinggi bertujuan agar anak memahami apa yang dibaca (membaca pemahaman).

Untuk mencapai tujuan pembelajaran membaca dapat dilakukan dengan berbagai metode dan teknik. Untuk membaca di kelas rendah, misalnya pembelajaran membaca dapat dilakukan dengan metode langsung, metode eklektik, ataupun metode linguistik. Sedangkan untuk pembelajaran membaca pemahaman dapat menggunakan (1) teknik membaca sekilas (skimming), (2) teknik membaca memindai (scanning); dan (3) Teknik SQ3R.

Pembelajaran menulis merupakan yang sering dinilai banyak orang belum berhasil. Untuk membuat seorang terampil menulis harus dimulai sejak dini. Agar memiliki keterampilan menulis, seseorang dituntut : 1) memiliki kemampuan mendengarkan (daya simak) yang tinggi; 2) gemar membaca; 3) kemampuan mengungkapkan apa yang disimak dan dibaca; dan 4) menguasai kaidah penulisan. Pembelajaran menulis pada kelas rendah (menulis permulaan) yang perlu ditanamkan pada siswa adalah 1) penguasaan tulisan (huruf); 2) penulisan kata; 3) penulisan kalimat sederhana; 4) kaidah penulisan, sedangkan pada kelas tinggi pembelajaran menulis menuntut anak untuk 1) menguasai teknik menulis, 2) menuangkan ide ke dalam tulisan; 3) mengembangkan ide yang dimilikinya; 4) mampu memilih kata, kalimat dan gaya dalam menulis. Menulis itu sendiri merupakan suatu proses. Sebagai suatu proses, menulis itu dilakukan secara bertahap, yaitu perencanaan menulis (prapenulis), penulisan, dan revisi (Mc. Crimmon, 1984:10 Akhadiah dkk., 1999:3-5).

 

A.            MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS KETERAMPILAN BERBAHASA

Model pembelajaran Bi dengan fokus keterampilan berbahasa bukan berarti hanya mengajarkan salah satu jenis keterampilan berbahasa saja, akan tetapi keterampilan yang menjadi fokus mendapat penekanan bahkan mendapatkan porsi waktu yang lebih dari keterampilan lain yang tidak menjadi fokus.

Setiap keterampilan berbahasa yang menjadi fokus merupakan kegiatan pembelajaran  yang utama karena pembelajaran berangkat, tertuju, dan berakhir pada keterampilan yang menjadi fokus pembelajaran. Di samping pembelajaran difokuskan pada keterampilan berbahasa tertentu dan divariasikan dengan keterampilan yang lain, didalamnya juga terjadi pembelajaran kompetensi dasar kebahasaan.

B.             MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DENGAN FOKUS SASTRA

Pembelajaran sastra di SD/MI lebih pada menikmati karya sastra. Teori-teori sastra diajarkan dengan presentasi yang sangat kecil, tentu saja semakin tinggi jenjang pendidikan siswa, teori-teori sastra itu perlu diajarkan sebagai bekal pengetahuan siswa tentang sastra. Karena dengan mempelajari sastra dapat diperoleh hiburan, pendidikan, pengetahuan, teknologi, dan ragam budaya.

Sastra memiliki tempat khusus dalam perkembangan anak. Karya sastra, yang dibacakan anak-anak dalam suasana yang penuh kehangatan dan pada kesempatan yang tepat  dapat merupakan wahana bagi yang mereka mempelajari dunia sekitarnya. Dengan membaca sastra anak akan memperoleh nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Karya sastra dapat menolong anak-anak memahami dunia mereka,membentuk sikap positif, dan menyadari hubungan yang manusiawi.

BAB IV

PENUTUP

 

Demikianlah akhir dari resume yang kami rangkum sesuai dengan referensi tunggal dari modul 7 mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Semoga apa yang diikhtiarkan memenuhi standar penilaian tutor pengampu.

Daftar Pustaka

 

T.W., Solchan, dkk. (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.


 

PETA KONSEP MODUL 7

 

No comments:

Post a Comment