TUGAS
1
MATA
KULIAH PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD
(PDGK4204)
RESUME MODUL 7
“PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI”
DISUSUN
OLEH:
SRIWATI (859129483)
AGUSTINA
MARIANI (859129509)
AANG KUSNADI YAMIN (859129784)
ABDUL LATIF KAMAR (859130044)
MISKIAH (859130051)
UPBJJ
UT MATARAM
POKJAR
LOMBOK TIMUR
2020.2
DAFTAR ISI
Sampul................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 1
Daftar Isi................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 2
Kata Pengantar................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 3
BAB I................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4
Pendahuluan................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4
BAB II................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
Kegiatan Belajar 1................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
A.
Pembelajaran
Bahasa Indonesia dengan Fokus Keterampilan Berbahasa.................................................................................................... .................................................................................................. 5
B.
Pembelajaran
Bahasa Indonesia dengan Fokus Sastra.................................................................................................... .................................................................................................. 6
C.
Tujuan
dan Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Berbagai Fokus.................................................................................................... .................................................................................................. 6
BAB III................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
Kegiatan Belajar 2................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
A.
Model
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Keterampilan Berbahasa.................................................................................................... .................................................................................................. 8
B.
Model
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Sastra.................................................................................................... .................................................................................................. 8
BAB IV................................................................................................................ ............................................................................................................ 10
Penutup................................................................................................................ ............................................................................................................ 10
Daftar Pustaka................................................................................................................ ............................................................................................................ 11
Peta Konsep................................................................................................................ ............................................................................................................ 12
Kata Pengantar
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang
telah memberikan nikmat waktu dan nikmat sehat sehingga kami dari kelompok
modul 7 mampu menyelesaikan tugas partisipasi pada mata kuliah Pendidikan
Bahasa Indonesia di SD ini dengan baik.
Terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada bapak tutor
yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan resume dalam
bentuk makalah ini, dengan harapan semoga sesuai dengan standar penilaian dari
bapak tutor.
Terimakasih pula kami ucapkan kepada semua pihak yang
telah membantu proses penyelesaian tugas ini.
Demikian.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
BAB I
PENDAHULUAN
Jika pada modul 6
kita telah mempelajari pembelajaran Membaca Menulis Permulaan yang khusus untuk
siswa SD kelas rendah maka pada modul 7 ini kita akan mendapat gambaran
bagaimana pembelajara bahasa Indonesia di SD/MI.
Mata kuliah ini akan
membekali kita pengetahuan tentang pengertian pembelajaran bahasa indonesia
dengan berbagai fokus serta tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa indonesia
dengan berbagai fokus. Di samping itu akan membekali kita keterampilan dalam
menyusun contoh atau model pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus
secara garis besar.
Materi modul ini
disusun menjadi dua kegiatan belajar yaitu sebagai berikut:
Kegiatan Belajar 1: Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia
yang meliputi;
(a)
pembelajaran
bahasa indonesia dengan fokus keterampilan berbahasa;
(b)
pembelajaran
bahasa indonesia dengan fokus sastra, dan;
(c)
tujuan
dan manfaat pembelajaran bahasa indonesia dengan berbagai fokus.
Modul ini merupakan
modul ke tujuh dari mata kuliah pendidikan bahasa indonesia SD dan merupakan
satu kesatuan dengan modul-modul lainnya.
BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
FOKUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
A.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS KETERAMPILAN
BERBAHASA
Bahasa Indonesia
sebagai bahan pengajaran secara garis besar terdiri atas 3 komponen, yaitu:
1.
Kebahasaan
2.
Kemampuan
berbahasa
3.
Kesastraan
Kompetensi kebahasaan terdiri dari 2 aspek, yaitu :
1.
Struktur
kebahasaan yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan
kewacanaan.
2.
Kosakata.
Sedangkan kemampuan berbahasa terdiri atas 4 aspek, yaitu
:
1.
Kemampuan
mendengarkan / menyimak
2.
Kemampuan
membaca
3.
Kemampuan
berbicara
4.
Kemampuan
menulis
Dimana dalam praktik
komunikasi yang nyata keempat keterampilan tersebut tidak berdiri sendiri
melainkan merupakan perpaduan dari keempatnya. Tidak mungkin di dalam kelas
guru hanya melatih pengembangan kompetensi berbicara saja tanpa diikuti oleh
keterampilan berbahasa yang lain, namun karena materi pembelajaran bahasa
Indonesia itu meliputi beberapa aspek, maka pembelajaran bahasa ada pemfokusan
dari aspek-aspek tersebut.
Dengan demikian ada
pembelajaran bahasa dengan fokus keterampilan berbahasa, dan adapula
pembelajaran bahasa dengan fokus sastra.
Yang dimaksud dengan pembelajaran bahasa Indonesia dengan
fokus keterampilan berbahasa adalah pembelajaran bahasa Indonesia yang
ditekankan pada pengembangan salah satu kompetensi dasar dan keempat
keterampilan berbahasa yang ada.
Dengan demikian,
dalam langkah-langkah pembelajaran semua kegiatan belajar mengajar tertumpu
atau berfokus pada satu keterampilan berbahasa yang telah ditetapkan.
B.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS SASTRA.
Disamping difokuskan
pada keterampilan berbahasa, pembelajaran bahasa Indonesia dapat pula
difokuskan pada sastra, tetapi tetap diintegrasikan dengan kompetensi dasar
yang lain misalkan pada pembelajaran mendengarkan dongeng, mendeklamasikan
puisi, mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.
Pada saaat ini
pembelajaran sastra ditekankan pada apresiasi sastra. Oleh karena itu, teori-teori
sastra diajarkan dengan persentase yang
sangat kecil, dan tentu saja semakin tinggi jenjang pendidikan siswa, teori-teori
sastra itu perlu diajarkan sebagai bekal pengetahuan untuk mengapresiasi karya
sastra.
Pembelajaran bahasa
Indonesia dengan focus sastra berarti dalam langkah-langkah pembelajarannya
semua kegiatan belajar mengajar difokuskan untuk mengapresiasi sastra apa lewat
pembacaan puisi, mendengarkan cerita rakyat atau yang lainnya yang disesuiakan
dengan tingkat kelas siswa.
C.
TUJUAN DAN MANFAAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN
BERBAGAI FOKUS.
Adapun tujuan dan
manfaat pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbagai fokus tersebut adalah agar siswa dapat
mengembangkan kompetensi mana yang ditekankan, misalnya yang ditekankan adalah
kompetensi dasar rmendengarkan maka porsi untuk pembelajaran mendengarkan lebih
banyak daripada keterampilan yang lain.
Kalau dilihat dari
segi guru, pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbagai focus ini bertujuan
untuk memudahkan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran di kelas.
BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Setiap pembelajaran
keterampilan memiliki ciri-ciri tersendiri yang harus dikuasai guru. Sebagai
guru yang profesional, dituntut untuk mengetahui masing-masing ciri (karakter)
setiap pembelajaran keterampilan berbahasa (kompetensi dasar berbahasa),
kompetensi dasar kebahasaan dan juga sastra. Hal yang tak kalah penting bagi
guru bahasa adalah : (1) memahami betul karakteristik pembelajaran untuk
masing-masing kompetensi; (2) memahami tuntutan kurikulum dan masyarakat; (3)
menafsirkan secara kritis dan kreatif
isi kurikulum; (4) memahami
masing-masing kompetensi dalam pembelajaran BI di SD.
Pembelajaran
mendengarkan dan berbicara merupakan pembelajaran pertama yang dapat dilakukan
guru pada pertemuan pertama baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Pembelajaran
mendengarkan pada kelas rendah dimaksudkan untuk mengetahui daya simak siswa, daya apresiasi siswa
terhadap bunyi dan juga digunakan sebagai dasar mengungkapkan pengetahuan,
kemampuan dan keberanian siswa dalam
berbicara. Kedua keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan dan
berbicara merupakan kegiatan yang resiprokal, artinya, kegiatan tersebut saling
mengisi. Adanya kegiatan berbicara jika ada yang mendengarkan dan sebaliknya.
Pembelajaran membaca
pada kelas rendah bertujuan untuk mengenalkan huruf, kata, kalimat sederhana
pada anak. Sistem pembelajarannya dikenal dengan istilah membaca awal (membaca
permulaaan), sedangkan pada kelas tinggi bertujuan agar anak memahami apa yang
dibaca (membaca pemahaman).
Untuk mencapai tujuan
pembelajaran membaca dapat dilakukan dengan berbagai metode dan teknik. Untuk
membaca di kelas rendah, misalnya pembelajaran membaca dapat dilakukan dengan
metode langsung, metode eklektik, ataupun metode linguistik. Sedangkan untuk
pembelajaran membaca pemahaman dapat menggunakan (1) teknik membaca sekilas
(skimming), (2) teknik membaca memindai (scanning); dan (3) Teknik SQ3R.
Pembelajaran menulis
merupakan yang sering dinilai banyak orang belum berhasil. Untuk membuat
seorang terampil menulis harus dimulai sejak dini. Agar memiliki keterampilan
menulis, seseorang dituntut : 1) memiliki kemampuan mendengarkan (daya simak)
yang tinggi; 2) gemar membaca; 3) kemampuan mengungkapkan apa yang disimak dan
dibaca; dan 4) menguasai kaidah penulisan. Pembelajaran menulis pada kelas
rendah (menulis permulaan) yang perlu ditanamkan pada siswa adalah 1)
penguasaan tulisan (huruf); 2) penulisan kata; 3) penulisan kalimat sederhana;
4) kaidah penulisan, sedangkan pada kelas tinggi pembelajaran menulis menuntut
anak untuk 1) menguasai teknik menulis, 2) menuangkan ide ke dalam tulisan; 3)
mengembangkan ide yang dimilikinya; 4) mampu memilih kata, kalimat dan gaya
dalam menulis. Menulis itu sendiri merupakan suatu proses. Sebagai suatu
proses, menulis itu dilakukan secara bertahap, yaitu perencanaan menulis
(prapenulis), penulisan, dan revisi (Mc. Crimmon, 1984:10 Akhadiah dkk.,
1999:3-5).
A.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS
KETERAMPILAN BERBAHASA
Model pembelajaran Bi
dengan fokus keterampilan berbahasa bukan berarti hanya mengajarkan salah satu
jenis keterampilan berbahasa saja, akan tetapi keterampilan yang menjadi fokus
mendapat penekanan bahkan mendapatkan porsi waktu yang lebih dari keterampilan
lain yang tidak menjadi fokus.
Setiap keterampilan
berbahasa yang menjadi fokus merupakan kegiatan pembelajaran yang utama karena pembelajaran berangkat,
tertuju, dan berakhir pada keterampilan yang menjadi fokus pembelajaran. Di
samping pembelajaran difokuskan pada keterampilan berbahasa tertentu dan
divariasikan dengan keterampilan yang lain, didalamnya juga terjadi
pembelajaran kompetensi dasar kebahasaan.
B.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DENGAN FOKUS SASTRA
Pembelajaran sastra
di SD/MI lebih pada menikmati karya sastra. Teori-teori sastra diajarkan dengan
presentasi yang sangat kecil, tentu saja semakin tinggi jenjang pendidikan
siswa, teori-teori sastra itu perlu diajarkan sebagai bekal pengetahuan siswa
tentang sastra. Karena dengan mempelajari sastra dapat diperoleh hiburan,
pendidikan, pengetahuan, teknologi, dan ragam budaya.
Sastra memiliki
tempat khusus dalam perkembangan anak. Karya sastra, yang dibacakan anak-anak
dalam suasana yang penuh kehangatan dan pada kesempatan yang tepat dapat merupakan wahana bagi yang mereka
mempelajari dunia sekitarnya. Dengan membaca sastra anak akan memperoleh
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Karya sastra dapat menolong anak-anak
memahami dunia mereka,membentuk sikap positif, dan menyadari hubungan yang manusiawi.
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah akhir
dari resume yang kami rangkum sesuai dengan referensi tunggal dari modul 7 mata
kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Semoga apa yang diikhtiarkan memenuhi
standar penilaian tutor pengampu.
Daftar
Pustaka
T.W., Solchan, dkk. (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD.
Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
PETA
KONSEP MODUL 7
No comments:
Post a Comment