Friday, November 13, 2020

DISKUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN SENI DI SD

 Forum Diskusi

Diskusikan bersama temanmu mengenai Pemanfaatan Teknologi Dalam Berkarya Seni Rupa, Musik dan Tari.

 

Menurut saya, berbicara tentang pemanfaatan teknologi tentunya kita membahas mengenai peran teknologi itu sendiri dalam memberikan dampak kepada karya seni. Dalam hal ini tentunya manusia selaku pelaku seni memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan sentuhan yang maksimal pada karya seni yang digeluti. Sentuhan-sentuhan dengan menggunakan keberadaan teknologi inilah yang dimaksud dengan pemanfaatan teknologi.

Sebagaimana kita ketahui teknologi mempunyai kinerja sistematis, dimana unsur-unsur dalam suatu susunan bentuk, organisasi bekerja saling bergantung dan mempengaruhi. Kinerja penciptaan seni membutuhkan dukungan. Dukungan yang dimaksud ialah teknologi membantu atau mendorong percepatan kinerja otak dan rasa.

Hasil kinerja teknologi akan berpengaruh terhadap penemuan bahan atau media, maupun keteknikan. Misalnya, penemuan laboratorium di bidang bahan kimia mampu menciptakan bahan dasar warna akrilik sehingga orang dapat melukis dengan bahan warna tersebut.

Dengan jasa teknologi seseorang bertambah kaya akan materi seninya. Dalam seni music sebagai contoh ketika akan menciptakan lagu, dulu orang harus melalui langkah menulis di atas kertas, mencoba satu per satu alat, tapi dengan ditemukannya teknologi digital (midi) orang tinggal mengakses computer untuk membantu menciptakan sekaligus merekam dan mencoba mengembangkan dalam bentuk tertulis dan praktik sekaligus.

Demikian pula dalam pertunjukan tari, untuk membuat latar belakang (background) orang harus menggambarnya, namun dengan temuan teknologi digital dalam sinar, orang tinggal memainkannya melalui jasa computer dan LCD.

Dalam penciptaan seni rupa, jasa teknologi mempunyai peran yang signifikan karena mempercepat dan memperkaya serta melancarkan ide penciptaan melalui penguasaan keteknikan berkarya seni rupa, misalnya: computer grafis untuk menciptakan dan mengubah bentuk grafis dan juga video.

No comments:

Post a Comment