Friday, November 13, 2020

Laporan PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional) PGSD

 

LAPORAN

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) PGSD

 

MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SEPIT PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501)

 

 

 


 

 

 

OLEH:

 

AANG KUSNADI YAMIN
NIM. 859129784

Email: aangkusnadiyamin@gmail.com

 

 

 

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA

UPBJJ MATARAM

TAHUN 2020

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit melalui penerapan pembelajaran model Picture and Picture. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit yang berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian pada Siklus I didapatkan hasil 7 siswa mendapat nilai = 60 dengan persentase 20%, sedangkan 28 siswa masih memperoleh nilai = 60 dengan persentase 80%. Pada siklus II didapatkan hasil antara 35 orang siswa sudah dicapai 35 siswa yang mendapatkan nilai = 60 dengan skor rata-rata 77,00 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep pembelajaran kooperatif melalui langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran Picture and Picture, dan siswa lebih berantusias dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Motivasi, Cooperative Learning, Picture and Picture

No comments:

Post a Comment