LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) PGSD
MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN
BERBAGAI BENTUK PECAHAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SEPIT PADA
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Diajukan untuk
memenuhi salah satu syarat mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK
4501)
OLEH:
AANG KUSNADI YAMIN
NIM. 859129784
Email:
aangkusnadiyamin@gmail.com
KEMENTERIAN RISET,
TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MATARAM
TAHUN 2020
Abstrak
Penelitian ini
dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran di
Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 5 Sekolah
Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit melalui penerapan pembelajaran model Picture and
Picture. Dalam penelitian ini metode
penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian
yaitu seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit yang berjumlah
35 orang siswa. Hasil penelitian pada Siklus I didapatkan hasil 7 siswa
mendapat nilai = 60 dengan persentase 20%, sedangkan 28 siswa masih memperoleh
nilai = 60 dengan persentase 80%. Pada siklus II didapatkan hasil antara 35
orang siswa sudah dicapai 35 siswa yang mendapatkan nilai = 60 dengan skor
rata-rata 77,00 dengan ketuntasan 100%.
Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep
pembelajaran kooperatif melalui langkah-langkah yang terdapat dalam
pembelajaran Picture and Picture, dan siswa lebih berantusias dan termotivasi
dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata kunci:
Motivasi, Cooperative Learning, Picture and Picture
No comments:
Post a Comment