TUGAS TUTORIAL 1
MATA KULIAH: PDGK 4502 PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD
SEMESTER: 2
SOAL
1.
Jelaskan profil kurikulum sekolah dasar sebelum tahun 1968 !
2.
Jelaskan hakikat KTSP !
3.
Jelaskan produk pengembangan kurikulum sekolah dasar sebelum dan sesudah
pemberlakuan undang-undang No 20 th 2003 !
4.
Uraikan solusi anda sehubungan dengan mengantisivasi pengembangan
kurikulum pada masa yang akan datang !
5.
Sebutkan perbedaan kurikulum SD tahun 1975 dengan tahun 1984 !
NAMA : AANG KUSNADI YAMIN
NIM : 859129784
JAWAB
1.
Profil kurikulum sekolah dasar sebelum tahun 1968:
Pada
tahun 1952, Kementerian
PP dan K : Rencana Pelajaran Terurai |
Muatan Pelajarannya
terdiri dari: Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Berhitung,
Ilmu, Alam, Ilmu Hayat, Ilmu Bumi, dan Sejarah |
Tahun
1964 Departemen PP dan K :
Rencana Pendidikan ·
empat
unsur pokok |
1. Dasar,
tujuan, dan sistem pendidikan dasar; |
·
Dasar
pendidikan adalah Pancasila dan Manipol Usdek |
·
Sistem Pancawardana atau lima aspek
perkembangan, yang terdiri atas berikut
ini. 4. Perkembangan
keprigelan, |
2. Hakikat KTSP di bagi atas beberapa bagian yaitu:
a.
Konsep dasar yaitu undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional pasal 36 ayat 1 dan 2.
b.
Karakteristik KSP seperti, otonomi luas kepada sekolah dan aturan pendidikan,partisipasi masyarakat dan
orang tua yang tinggi,kepemimpinan yang demokratis dan profesional serta tim
kerja yang kompak dan transparan.
c.
Tujuan umum diterapkannya KTSP adalah untuk
mendirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan
(ekonomi) kepada lembaga pendidikan
d.
Tujuan khusus
1.
Secara khusus tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk meningkatkan mutu
pendidikan melalui kemandirian dan
inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, memgelola, dan
memberdayakan sumber daya yang tersedia
2.
Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan
kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama
3.
Meningkatkan kompetensi yang sehat antar satuan pendidikan yang akann dicapai
KTSP merupakan kurikulum berbasis
kompetensi yang disusun oleh dan dilaksanakan di sekolah sesuai dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di daerah untuk memenuhi Kebutuhan dan perkembangan siswa. |
Kurikulum
2006 atau KTSP lebih bersifat desentralistik. |
KTSP di susun oleh Kepala Sekolah,Guru,
komite, nara sumber Pihak yang Berkepentingan dengan Sekolah (Stakeholders). |
Sekolah diharapkan mampu
memberdayakan semua sumber daya sekolah secara optimal, baik sumber daya
alam, sumber daya manusia, sumber dana, dan sumber belajar sehingga dapat
mewujudkan kemandirian pengelolaan pendidikan dan ketercapaian tujuan
pendidikan secara efisien. |
3. Produk kurikulum sebelum dan sesudah di berlakukannya undang – undang No
20 tahun 2003 yaitu :
|
Setelah
diberlakukan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, produk pengembangan kurikulum
sekolah mengalami penyempurnaan berkaitan dengan adanya standar nasional
pendidikan, yaitu terdiri atas (a)
standar isi, (b) standar kompetensi lulusan, (c) standar proses, dan (d)
standar penilaian pendidikan |
4.
Menurut saya, untuk
mengantisipasi pengembangan kurikulum pada masa yang akan datang diperlukan:
Kualitas sumber daya manusia yang harus
dihasilkan pendidikan di masa depan tersebut adalah mereka yang memiliki tiga
ciri utama: |
(1) menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi, |
(2) memiliki kreativitas, dan |
(3) memiliki solidaritas sosial. |
Dengan memiliki 4 kemampuan yaitu 1. Kemampuan Dasar |
sekolah dasar di Indonesia seharusnya
dikembangkan untuk membantu siswanya menguasai kompetensi yang berguna bagi
kehidupannya di masa depan, yaitu
kompetensi keagamaan, kompetensi akademik, kompetensi ekonomik,
dan kompetensi sosial-pribadi |
2. Kemampuan Belajar Sepanjang Hayat |
3. Pemanfaatan Teknologi |
4. Pendidikan Moral |
5.
Perbedaan kurikulum 1975 dengan kurikulum
1984 yaitu:
Kurikulum
SD 1975 Kurikulum ini menganut pendekatan yang
berorientasi pada
|
Kurikulum
Sekolah Dasar Tahun 1984 mengacu kepada tiga aspek perkembangan
murid, yaitu · ranah kognitif yang berisi kemampuan
berpikir, · ranah afektif yang mengungkapkan
pengembangan sikap, dan ·
ranah
psikomotorik yang berisi kemampuan bertindak. |
Prinsip yang digunakan, yaitu prinsip
relevansi, · efisiensi-efektivitas, · fleksibilitas, · kontinuitas, dan · pendidikan seumur hidup (1). memiliki
sifat-sifat dasar sebagai warga negara yang baik; (2). sehat jasmani dan
rohani; serta (3). memiliki pengetahuan, keterampila nn dan sikap dasar yang
diperlukan |
Prinsip-prinsip Kurikulum
Sekolah Dasar, 1984, yaitu sebagai berikut. 2.
(prinsip kontinuitas). 3. (prinsip pendidikan seumur hidup). |
No comments:
Post a Comment