MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN
BERBAGAI BENTUK PECAHAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SEPIT PADA
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
AANG KUSNADI YAMIN
NIM: 859129784
Email: aangkusnadiyamin@gmail.com
Abstrak
Penelitian
ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
di Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 5 Sekolah
Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit melalui penerapan pembelajaran model Picture and
Picture. Dalam penelitian ini metode penelitian yang
digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh
siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit yang berjumlah 35 orang
siswa. Hasil penelitian pada Siklus I didapatkan hasil 7 siswa mendapat nilai
=60 dengan persentase 20%, sedangkan 28 siswa masih memperoleh nilai =60 dengan
persentase 80%. Pada siklus II didapatkan hasil antara 35 orang siswa sudah
dicapai 35 siswa yang mendapatkan nilai =60 dengan skor rata-rata 77,00 dengan
ketuntasan 100%. Peningkatan keaktifan
siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep pembelajaran kooperatif
melalui langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran Picture and Picture,
dan siswa lebih berantusias dan termotivasi dalam mengikuti proses
pembelajaran.
Kata
kunci: Motivasi, Cooperative Learning, Picture and Picture
No comments:
Post a Comment