Friday, November 13, 2020

Laporan KARIL Aang

 

MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SEPIT PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

AANG KUSNADI YAMIN

NIM: 859129784

Email: aangkusnadiyamin@gmail.com

 

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit melalui penerapan pembelajaran model Picture and Picture. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 8 Sepit 8 Sepit yang berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian pada Siklus I didapatkan hasil 7 siswa mendapat nilai =60 dengan persentase 20%, sedangkan 28 siswa masih memperoleh nilai =60 dengan persentase 80%. Pada siklus II didapatkan hasil antara 35 orang siswa sudah dicapai 35 siswa yang mendapatkan nilai =60 dengan skor rata-rata 77,00 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep pembelajaran kooperatif melalui langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran Picture and Picture, dan siswa lebih berantusias dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Motivasi, Cooperative Learning, Picture and Picture

 

No comments:

Post a Comment