Friday, November 13, 2020

TUGAS 1 PENDIDIKAN SENI DI SD

 

TUGAS 1: PENDIDIKAN SENI DI SD

 

Dalam kehidupan kita, kita selalu berdampingan dan berjalan bersama dengan ilmu seni. Untuk itu apa yang anda pahami dengan SENI? Dan sebutkan cabang/jenis-jenis SENI?

 

Pengertian Seni:

Menurut saya pengertian seni yaitu sebuah ekspresi dari emosional atau perasaan seseorang yang mempunyai unsur-unsur keindahan di dalamnya dan juga dapat diungkapkan menggunakan sebuah media yang memiliki sifat yang nyata, seperti dalam bentuk suatu rupa, gerak, nada, syair, dan juga bisa dapat dirasakan panca indra dari manusia.

Menurut Ki Hajar Dewantara, seni yaitu segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.

 

Seni di bagi kedalam beberapa cabang yaitu: Seni Rupa, Seni Tari/gerak, Seni Suara/Vocal/Musik, Seni Sastra, dan Seni Theater/drama.

 

A.            Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang kesenian dimana memiliki wujud pasti dan memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.  Seni rupa meliputi kemampuan memahami, dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat patung, kemampuan memahami dan berkarya grafis, kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana mulltimedia. Seni rupa telah ada sejak dimulai zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang. Seni rupa secara performatif mempresentasikan wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis melalui media sebagai dasar perwujudan rupa.

1.             Seni Rupa Murni (Fine Art):

Seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan kegunaannya atau seni bebas (Free Art). Contoh : seni lukis, seni patung, seni grafika, dll.

2.             Seni Rupa Terapan/pakai (Applied Art):

Seni rupa yang mempertimbangkan keindahan. Contoh: seni lukis, seni kriya, seni dekorasi, dll.

 

B.             Seni Teater

Seni teater pada dasarnya mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan memahami dan membuat naskah, kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater. Seni teater merupakan bagian dari integral kesenian bermedia ungkap suara dalam wujud pemeranan. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan, laring, dan faring secara konsisten adalah bagian penting dalam penjelmaan profesi yang harus dimiliki.

Macam-Macam Seni Teater/Drama :

1.             Teater lama

2.             Teater komedi

3.             Teater baru

4.             Sendratasik (seni drama dan musik)

 

C.             Seni Musik

Unsur bunyi merupakan unsur utama dari seni musik. Sedangkan unsur lain adalah bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan. Seni musik tumbuh dan berkembang sejak zaman Renaissance sampai saat ini. Seni musik adalah hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengar.

Macam-Macam Seni Musik:

1.             Musik klasik

2.             Musik jazz

3.             Musik pop

4.             Musik bosa

5.             Musik rock

6.             Musik tradisional, dll.

 

D.            Seni Tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai suatu keindahan. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton. Seni tari meliputi tari tradisional dan tari garapan.

Macam-Macam Seni Tari :

1.             Tari klasik

2.             Tari kreasi baru

3.             Tari tradisional

4.             Tari modern, dll.

 

E.             Seni Sastra

Seni sastra adalah hasil daya kreasi manusia yang dinikmat segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan.Contoh seni sastra adalah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

Macam-Macam Seni Sastra :

1.             Puisi

2.             Cerpen

3.             Prosa

4.             Pantun, dll.

 

 

 

 

 

 

* S E K I A N *

No comments:

Post a Comment