TUGAS
2
MATA
KULIAH PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD
(PDGK4204)
RESUME MODUL 8
“PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA”
DISUSUN
OLEH:
SRIWATI (859129483)
AGUSTINA
MARIANI (859129509)
AANG KUSNADI YAMIN (859129784)
ABDUL LATIF KAMAR (859130044)
MISKIAH (859130051)
UPBJJ
UT MATARAM
POKJAR
LOMBOK TIMUR
2020.2
DAFTAR ISI
Sampul................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 1
Daftar Isi................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 2
Kata Pengantar................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 3
BAB I................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4
Pendahuluan................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4
BAB II................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
Kegiatan Belajar 1................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca................................................................................................................ .............................................................................................................. 5
A.
Pengertian
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca.................................................................................................... .................................................................................................. 5
B.
Tujuan
Pelajaran Membaca di Kelas Rendah.................................................................................................... .................................................................................................. 5
C.
Tujuan
Pembelajaran Membaca di Kelas Tinggi.................................................................................................... .................................................................................................. 6
BAB III................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
Kegiatan Belajar 2................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca................................................................................................................ .............................................................................................................. 7
A.
Pemilihan
Materi, Metode, dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca.................................................................................................... .................................................................................................. 7
B.
Model
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca di Kelas Rendah.................................................................................................... .................................................................................................. 8
C.
Model
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca di Kelas Tinggi.................................................................................................... .................................................................................................... .................................................................................................. 8
BAB IV................................................................................................................ .............................................................................................................. 9
Penutup................................................................................................................ .............................................................................................................. 9
Daftar Pustaka................................................................................................................ ............................................................................................................ 10
Peta Konsep................................................................................................................ ............................................................................................................ 11
Kata Pengantar
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang
telah memberikan nikmat waktu dan nikmat sehat sehingga kami dari kelompok
modul 8 mampu menyelesaikan tugas partisipasi pada mata kuliah Pendidikan
Bahasa Indonesia di SD ini dengan baik.
Terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada bapak tutor
yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan resume dalam
bentuk makalah ini, dengan harapan semoga sesuai dengan standar penilaian dari
bapak tutor.
Terimakasih pula kami ucapkan kepada semua pihak yang
telah membantu proses penyelesaian tugas ini.
Demikian.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
BAB I
PENDAHULUAN
Seperti yang kita
ketahui bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan
berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Seperti yang
kita ketahui pula bahwa fungsi bahasa adalah alat komunikasi yang dilakukan
antara komunikator dan komunikan baik secara lisan maupun tertulis. Dalam
komunikasi tersebut keempat keterampilan itu tidak dapat dipisah-pisahkan, melainkan
terpadu satu sama lain. Dalam kegiatan berkomunikasi ada pihak yang “berbicara”
dan di pihak lain ada yang “mendengarkan” dan tidak jarang pula ada kegiatan
“menulis”. Hanya saja dalam praktik pembelajaran di kelas guru dapat
memfokuskan salah satu dari empat keterampilan itu mana yang sekiranya
dipentingkan untuk dilatih dalam pertemuan-pertemuan tertentu.
Adapun tujuan khusus
dari modul 8 ini adalah kita dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca;
2.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca;
3.
Memilih
materi, metode, dan teknik pembelajara bahasa indonesia dengan fokus membaca;
4.
Menyusun
model pembelajaran bahasa indonesia dengan fokus membaca;
5.
Menyusun
model pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca di kelas tinggi.
BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
A.
PENGERTIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS
MEMBACA
Pemfokusan
pembelajaran pada salah satu keterampilan ini menyangkut pemilihan materi,
metode, dan teknik pembelajaran. Jika di
fokuskan untuk menulis maka alokasi waktu untuk melatih menulis lebih
banyak dari keterampilan lainnya. Jadi,
yang dimaksud dengan pembelajaran bahasa Indonesia dengan focus membaca adalah
pembelajaran bahasa Indonesia yang dipusatkan pada melatih keterampilan
membaca.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS RENDAH
Adapun tujuan membaca
di SD kelas rendah dapat ditentukan atau dicari guru melalui pemahaman kompetensi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia
yang tertera dalam peta kompetensi
pembelajaran bahasa Indonesia.
Macam-macam pengajaran membaca yang dikemukakan oleh I
Gusti Ngurah Oka (1983), seperti berikut ini:
a.
Pengajaran
membaca permulaan: Tujuannya adalah membinakan dasar mekanisme membaca, seperti
kemampuan mengasosiasikan huruf dengan mekanisme membaca, seperti kemampuan
mengasosiasikan huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang diwakilinya.
b.
Pengajaran
membaca nyaring: Lanjutan dari tingkatan membaca permulaan.
c.
Pengajaran
Membaca Dalam Hati: Membina siswa agar mampu membaca dalam hati, tanpa suara.
d.
Pengajaran
membaca pemahaman: Dalam praktiknya, pengajaran membaca pemahaman hampir tidak
berbeda dengan pengajaran membaca dalam hati.
e.
Pengajaran
Membaca Bahasa: Pengajaran membaca ini pada dasarnya merupakan alat dari
pengajaran bahasa. Guru memanfaatkannya untuk membina kemampuan bahasa siswa.
f.
Pengajaran
membaca teknik
Dari pendapat I Gustu
Ngurah Oka di atas dapat disimpulkan bahwa secara teoritis tujuan membaca di SD kelas rendah adalah untuk membina kemampuan
siswa dalam hal-hal berikut:
1. Mekanisme
membaca
2. Membina
gerak mata membaca dari kiri kekanan
3. Membaca
kata kata dan kalimat kalimat pendek
3. Tujuan pembelajaran
membaca di kelas tinggi
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS TINGGI
Tujuan membaca di
kelas dikelas tinggi merupakan lanjutan dari membaca dikelas rendah yang biasanya disebut membaca lanjut yang
penekanannya pada pemahaman.
Menurut Tarigan membaca
di kelas tinggi ini melatih siswa dalam keterampilan dalam bersifat
pemahaman yag mencakup aspek-aspek
berikut ini:
1. Memahami
pengertian sederhana (leksikal, grametikal, retorikal)
2. Memahami
signifikansi atau makna antara lain maksud dan tujuan pengarang relevansi atau
keadaan kebudayaan .
3. Evaluasi
atau penilaian (isi atau bentuk)
4. Kecepatan
membaca yang fleksibel , yang mudah disesuaikan dengan keadaan
BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
A.
MATERI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DENGAN FOKUS MEMBACA
Materi merupakan
bahan pembelajaran yang berfungsi sarana untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan guru atau untuk mengembangkan kompetensi dasar yang telah ditetapkan
dalam kurikulum sehingga guru tinggal mengembangkannya. Kerangka kurikulum 2004
terdiri atas lima komponen utama yaitu (1) Standar Kompetensi (2) Kompetensi
Dasar (3) Hasil Belajar (4) Indikator, dan (5) Materi Pokok.
Setelah kita tentukan
materi pembelajaran untuk keterampilan membaca, selanjutnya kita menentukan
metode dan teknik pembelajarannya. Pada umumnya metode dan teknik dipakai dalam
pengertian yang sama yaitu ‘cara
menyampaikan pelajaran’. Sebenarnya pengertian metode pembelajaran dan
teknik pembelajaran tidak sama. Metode mengacu pada suatu prosedur untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, yang meliputi (a) pemilihan bahan
(b) urutan bahan, (c) penyajian bahan dan (d) pengulangan bahan, sedangkan
teknik mengandung makna upaya guru, usaha-usaha guru, atau cara-cara yang
digunakan guru untuk mencapai tujuan langsung dalam pelaksanaan pembelajaran
didalam kelas saat itu.
Macam metode/teknik
pembelajaran membaca adalah, seperti berikut ini:
1.
Metode
Abjad/Alfabet
2.
Metode
Bunyi
3.
Metode
Suku Kata
4.
Metode
Kata
5.
Metode
kalimat
6.
Metode
SAS
B.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
DI KELAS RENDAH
Sebelum mengajar di
depan kelas tentunya guru membuat
persiapan tertulis. Sebelum diberlakukannya Kurikulum 2004, persiapan tertulis
itu disebut Model Satuan Pelajaran yang disingkat MSP. MSP ini disusun untuk
beberapa kali pertemuan. Persiapan mengajar untuk satu kali pertemuan yang di
ambil dari MSP ini disebut Rencana Pengajaran yang disingkat RP. MSP disusun
berdasarkan GBPP yang dalam kurikulum 2004 disebut silabus.
C.
MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
DI KELAS TINGGI
Pada hakikatnya model
pembelajaran bahasa Indonesia dengan focus membaca dikelas tinggi sama dengan
model pembelajaran di kelas rendah, yang berbeda hanya kompetensiyang ingin
dikembangkan yang menyangkut pula mataeri pembelajarannya.
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah akhir dari resume yang saya rangkum sesuai
dengan referensi tunggal dari modul 8 mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia
di SD/MI. Semoga apa yang diikhtiarkan memenuhi standar penilaian tutor
pengampu.
Daftar
Pustaka
T.W., Solchan, dkk (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
PETA
KONSEP MODUL 8
GOOD JOB
ReplyDelete