Friday, November 13, 2020

RESUME MODUL 8 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD

 

 

TUGAS 2

 

MATA KULIAH PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD

(PDGK4204)

 

RESUME MODUL 8

 

“PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

 

SRIWATI (859129483)

AGUSTINA MARIANI (859129509)

AANG KUSNADI YAMIN (859129784)

ABDUL LATIF KAMAR (859130044)

MISKIAH (859130051)

 

 

UPBJJ UT MATARAM

POKJAR LOMBOK TIMUR

2020.2

 


 

DAFTAR ISI

 

 

Sampul................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 1

Daftar Isi................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 2

Kata Pengantar................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 3

BAB I................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4

Pendahuluan................................................................................................................ ................................................................................................................ .............................................................................................................. 4

BAB II................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

Kegiatan Belajar 1................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca................................................................................................................ .............................................................................................................. 5

A.      Pengertian Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca.................................................................................................... .................................................................................................. 5

B.      Tujuan Pelajaran Membaca di Kelas Rendah.................................................................................................... .................................................................................................. 5

C.      Tujuan Pembelajaran Membaca di Kelas Tinggi.................................................................................................... .................................................................................................. 6

BAB III................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

Kegiatan Belajar 2................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca................................................................................................................ .............................................................................................................. 7

A.      Pemilihan Materi, Metode, dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca.................................................................................................... .................................................................................................. 7

B.      Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca di Kelas Rendah.................................................................................................... .................................................................................................. 8

C.       Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Fokus Membaca di Kelas Tinggi.................................................................................................... .................................................................................................... .................................................................................................. 8

BAB IV................................................................................................................ .............................................................................................................. 9

Penutup................................................................................................................ .............................................................................................................. 9

Daftar Pustaka................................................................................................................ ............................................................................................................ 10

Peta Konsep................................................................................................................ ............................................................................................................ 11

Kata Pengantar

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat waktu dan nikmat sehat sehingga kami dari kelompok modul 8 mampu menyelesaikan tugas partisipasi pada mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di SD ini dengan baik.

Terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada bapak tutor yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan resume dalam bentuk makalah ini, dengan harapan semoga sesuai dengan standar penilaian dari bapak tutor.

Terimakasih pula kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian tugas ini.

Demikian.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BAB I

PENDAHULUAN

 

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Seperti yang kita ketahui pula bahwa fungsi bahasa adalah alat komunikasi yang dilakukan antara komunikator dan komunikan baik secara lisan maupun tertulis. Dalam komunikasi tersebut keempat keterampilan itu tidak dapat dipisah-pisahkan, melainkan terpadu satu sama lain. Dalam kegiatan berkomunikasi ada pihak yang “berbicara” dan di pihak lain ada yang “mendengarkan” dan tidak jarang pula ada kegiatan “menulis”. Hanya saja dalam praktik pembelajaran di kelas guru dapat memfokuskan salah satu dari empat keterampilan itu mana yang sekiranya dipentingkan untuk dilatih dalam pertemuan-pertemuan tertentu.

Adapun tujuan khusus dari modul 8 ini adalah kita dapat:

1.      Menjelaskan pengertian pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca;

2.      Menjelaskan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca;

3.      Memilih materi, metode, dan teknik pembelajara bahasa indonesia dengan fokus membaca;

4.      Menyusun model pembelajaran bahasa indonesia dengan fokus membaca;

5.      Menyusun model pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus membaca di kelas tinggi.


 

BAB II

KEGIATAN BELAJAR 1

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA

 

A.            PENGERTIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA

Pemfokusan pembelajaran pada salah satu keterampilan ini menyangkut pemilihan materi, metode, dan teknik pembelajaran.  Jika di fokuskan untuk menulis maka alokasi waktu untuk melatih menulis lebih banyak  dari keterampilan lainnya. Jadi, yang dimaksud dengan pembelajaran bahasa Indonesia dengan focus membaca adalah pembelajaran bahasa Indonesia yang dipusatkan pada melatih keterampilan membaca.

B.             TUJUAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS RENDAH

Adapun tujuan membaca di SD kelas rendah dapat ditentukan atau dicari guru melalui pemahaman kompetensi  mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tertera dalam peta kompetensi  pembelajaran bahasa Indonesia.

Macam-macam pengajaran membaca yang dikemukakan oleh I Gusti Ngurah Oka (1983), seperti berikut ini:

a.                  Pengajaran membaca permulaan: Tujuannya adalah membinakan dasar mekanisme membaca, seperti kemampuan mengasosiasikan huruf dengan mekanisme membaca, seperti kemampuan mengasosiasikan huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang diwakilinya.

b.                  Pengajaran membaca nyaring: Lanjutan dari tingkatan membaca permulaan.

c.                   Pengajaran Membaca Dalam Hati: Membina siswa agar mampu membaca dalam hati, tanpa suara.

d.                  Pengajaran membaca pemahaman: Dalam praktiknya, pengajaran membaca pemahaman hampir tidak berbeda dengan pengajaran membaca dalam hati.

e.                  Pengajaran Membaca Bahasa: Pengajaran membaca ini pada dasarnya merupakan alat dari pengajaran bahasa. Guru memanfaatkannya untuk membina kemampuan bahasa siswa.

f.                    Pengajaran membaca teknik

Dari pendapat I Gustu Ngurah Oka di atas dapat disimpulkan bahwa secara teoritis tujuan membaca di SD  kelas rendah adalah untuk membina kemampuan siswa dalam hal-hal berikut:

1.           Mekanisme membaca

2.           Membina gerak mata membaca dari kiri kekanan

3.           Membaca kata kata dan kalimat kalimat pendek

3.           Tujuan pembelajaran membaca di kelas tinggi

 

C.             TUJUAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS TINGGI

Tujuan membaca di kelas dikelas tinggi merupakan lanjutan dari membaca dikelas rendah  yang biasanya disebut membaca lanjut yang penekanannya pada pemahaman.

Menurut Tarigan membaca di kelas tinggi ini melatih siswa dalam keterampilan dalam bersifat pemahaman  yag mencakup aspek-aspek berikut ini:

1.           Memahami pengertian sederhana (leksikal, grametikal, retorikal)

2.           Memahami signifikansi atau makna antara lain maksud dan tujuan pengarang relevansi atau keadaan kebudayaan .

3.           Evaluasi atau penilaian (isi atau bentuk)

4.           Kecepatan membaca yang fleksibel , yang mudah disesuaikan dengan keadaan

 


 

BAB III

KEGIATAN BELAJAR 2

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA

 

A.            MATERI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA

Materi merupakan bahan pembelajaran yang berfungsi sarana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan guru atau untuk mengembangkan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum sehingga guru tinggal mengembangkannya. Kerangka kurikulum 2004 terdiri atas lima komponen utama yaitu (1) Standar Kompetensi (2) Kompetensi Dasar (3) Hasil Belajar (4) Indikator, dan (5) Materi Pokok.

Setelah kita tentukan materi pembelajaran untuk keterampilan membaca, selanjutnya kita menentukan metode dan teknik pembelajarannya. Pada umumnya metode dan teknik dipakai dalam pengertian yang sama yaitu ‘cara  menyampaikan pelajaran’. Sebenarnya pengertian metode pembelajaran dan teknik pembelajaran tidak sama. Metode mengacu pada suatu prosedur untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, yang meliputi (a) pemilihan bahan (b) urutan bahan, (c) penyajian bahan dan (d) pengulangan bahan, sedangkan teknik mengandung makna upaya guru, usaha-usaha guru, atau cara-cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan langsung dalam pelaksanaan pembelajaran didalam kelas saat itu.

Macam metode/teknik pembelajaran membaca adalah, seperti berikut ini:

1.      Metode Abjad/Alfabet

2.      Metode Bunyi

3.      Metode Suku Kata

4.      Metode Kata

5.      Metode kalimat

6.      Metode SAS

 

B.             MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA DI KELAS RENDAH

Sebelum mengajar di depan kelas  tentunya guru membuat persiapan tertulis. Sebelum diberlakukannya Kurikulum 2004, persiapan tertulis itu disebut Model Satuan Pelajaran yang disingkat MSP. MSP ini disusun untuk beberapa kali pertemuan. Persiapan mengajar untuk satu kali pertemuan yang di ambil dari MSP ini disebut Rencana Pengajaran yang disingkat RP. MSP disusun berdasarkan GBPP yang dalam kurikulum 2004 disebut silabus.

C.             MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA DI KELAS TINGGI

Pada hakikatnya model pembelajaran bahasa Indonesia dengan focus membaca dikelas tinggi sama dengan model pembelajaran di kelas rendah, yang berbeda hanya kompetensiyang ingin dikembangkan yang menyangkut pula mataeri pembelajarannya.

BAB IV

PENUTUP

 

Demikianlah akhir dari resume yang saya rangkum sesuai dengan referensi tunggal dari modul 8 mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di SD/MI. Semoga apa yang diikhtiarkan memenuhi standar penilaian tutor pengampu.

Daftar Pustaka

 

T.W., Solchan, dkk (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.


 

PETA KONSEP MODUL 8

 

1 comment: