Wednesday, November 29, 2017

UKURAN KERTAS F4

Selamat pagi sobat sekalian, semangat pagi, semoga di hari yang cerah ini kita diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berbakti kepada orang-orang yang kita sayangi. Hmmm...
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang ukuran kertas Seri A. Nah, sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ukuran kertas F4 yang sering kita gunakan dalam membuat surat-surat, proposal, laporan dan dokumen lainnya.

Ukuran Kertas F4 adalah Format kertas seri F dari standar internasional dalam satuan mm (milimeter) dan bisa dikonversi menjadi satuan cm (centimeter) maupun inci. Ukuran kertas tipe ini memiliki standar tersendiri, biasa dipakai di perkantoran dan fotocopy dan terkadang disebut kertas folio, karena kemiripannya.
Gambaran Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan mm (milimeter), dan bisa juga dikonversikan menjadi satuan cm (centimeter) ataupun inchi (inci). Dalam hal ini ukuran kertas seri F berdasarkan standar internasional berlaku luas yang telah ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standardization).


Ukuran kertas Seri F menjadi standar yang sering dipakai menurut ISO berlaku luas secara internasional, biasanya digunakan untuk kertas tulis, alat tulis, kartu, beberapa dokumen percetakan, dan ukuran kertas yang terkait untuk amplop.

Ukuran kertas berturut-turut di seri F dan sebagainya didefinisikan dengan membagi 2 atau separuh ukuran kertas sebelumnya pada dimensi yang lebih besar.

UKURAN KERTAS F4 DALAM SATUAN MM, CM, INCI
Ukuran kertas F4 dalam satuan mm, cm, inci berturut-turut sebagai berikut:
Ukuran Kertas F4 dalam satuan mm
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan mm (milimeter) adalah 210 x 330 mm.
Ukuran Kertas F4 dalam satuan cm
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,0 x 33,0 cm.
Ukuran Kertas F4 dalam satuan inci
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan inci (inchi) adalah 8,27 x 12,99 inci.
Catatan: Disebagian Negara Ukuran Kertas F4 sedikit berbeda yaitu 215 x 330 mm.

Tabel ukuran Kertas F4 dalam satuan mm, cm, inci
Untuk mendapatkan ukuran kertas dalam satuan cm (centimeter), hanya tinggal dibagi 10 dari satuan mm (milimeter).

Ukuran Kertas
satuan mm
satuan cm
satuan inci
F4
210 x 330
21,0 x 33,0
8,27 x 12,99

Ukuran kertas F4 banyak dipakai secara umum di seluruh dunia dan menjadi ukuran surat tulis untuk bisnis dan perkantoran di berbagai negara.


Oke, sobat, gimana? Udah jelas ya untuk kertas seri F4. Demikian, semoga postingan hari ini bermanfaat ya sob. Bagi yang belum baca tentang Ukuran Kertas Seri A bisa dibaca di link yang ini. Jangan lupa saran di kolom komentar ya! Terimakasih...

No comments:

Post a Comment