Wednesday, November 15, 2017

CONTOH PROPOSAL ASISTENSI LKSA

Bantuan Sosial Anak melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang selanjutnya disebut LKSA merupakan salah satu bagian dari program Pemerintah dalam rangka mendukung pengasuhan anak berbasis keluarga. Hal ini sejalan dengan tanggung jawab utama orangtua dalam pengasuhan anak sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.
Setiap anak memiliki kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan hubungan dengan orangtuanya, kesejahteraan diri, keselamatan, dan pengasuhan yang berkelanjutan. Hal ini sangat penting diperoleh dari orangtuanya sendiri sebagai fondasi bagi tumbuh kembang mereka. Namun demikian, tantangan kemiskinan yang dihadapi banyak keluarga telah menyebabkan ketidakmampuan mereka dalam menjalankan peran pengasuhan kepada anak-anak. Hal ini menyebabkan keluarga kemudian menempatkan anak-anak di LKSA.
LKSA yang telah melaksanakan peran pengasuhan kepada anak-anak perlu didukung agar dapat menjalankan fungsinya secara lebih tepat dalam pengasuhan anak. Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk LKSA menggariskan bahwa LKSA berperan sebagai lembaga yang mendukung pengasuhan berbasis keluarga, termasuk basis keluarga bagi berbagai bentuk pengasuhan alternative untuk anak. Melalui program ini, LKSA akan mulai untuk menjalankan fungsi baru dalam mendukung penyatuan kembali anak-anak yang masih dapat diasuh oleh orangtua anggota keluarga lainnya dan secara aktif merespon anak-anak yang mengalami masalah pengasuhan.
Berdasarkan hal tersebut, bantuan social ini tidak semata-mata untuk anak yang berada dalam asuhan LKSA tetapi harus digunakan untuk mendorong penyatuan anak-anak dengan keluarga mereka dan menguatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh anak-anak mereka.
Mengingat rendahnya tingkat perekonomian warga di wilayah dimana LKSA Al-Ikhlas berada berdampak kepada rendahnya aliran dana bagi anak-anak asuh kami di LKSA Al-Ikhlas Setungkep. Dengan banyaknya jumlah anak asuh yang dinaungi oleh LKSA Al-Ikhlas membuat baik para pengurus maupun koordinator pendanaan kewalahan dalam mencari dana untuk menutupi kekurangan yang ada.
Segala cara dan sumber dana pernah dicoba dilakukan oleh pengurus baik dari relawan maupun donatur yang bersedia memberikan dan membagi rezeki bagi anak-anak asuh kami demi kelangsungan hidup baik di lingkungan LKSA maupun di luar.
Adanya Bantuan (Assistensi) Sosial melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak sangat membantu pengurus dalam menjalankan program-program penunjang dalam LKSA AL-IKHLAS Setungkep karena diharapkan sangat berguna melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko social dan subsidi pemenuhan hak dasar untuk meningkatkan penyelenggaraan kesejahteraan social bagi anak yang diasuh melalui pengasuhan oleh keluarga dan melalui pengasuhan alternative.
Oleh karena itu, melihat realita yang tersebut di atas maka kami dari pengurus LKSA Al-Ikhlas Setungkep mengajukan proposal bantuan sosial bagi anak-anak kami di LKSA. Semoga apa yang diniatkan tercapai berkat izin Allah SWT. Amin.

Untuk selengkapnya bisa diunduh di link ini.

Jangan lupa kritik dan saran di kolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment