Friday, May 18, 2018

6 Hal yang Dianggap Normal di Korea Selatan tapi Enggak di Negara Lain


Beda negara, beda budaya.
Ngebahas soal Korea Selatan tuh nggak melulu tentang K-Pop. Sebenernya ada banyak hal lain yang nggak kalah unik dan menarik buat dikulik. Contohnya aja ngebahas soal kebiasaan atau aturan unik yang bisa dilihat di tempat umum. Lo mungkin bakal heran atau malah kagum saat baru pertama kali ngeliat. Orang-orang asing yang datang ke Korea Selatan pun ngerasain hal yang sama kok. Ada beberapa kebiasaan yang keliatannya aneh tapi bagi masyarakat setempat dianggap normal dan biasa aja. Apa aja sih? Check this out, guys.
1. Kartu kredit khusus perempuan hamil
parking area
Via Reddit
Aturan ini emang nggak biasa tapi menarik banget sih. Di Korea Selatan, semua perempuan yang hamil bakal dapat kartu kredit spesial dari pemerintah. Uangnya sebanyak 500 dolar AS atau sekitar Rp 7 jutaan. Pemiliknya bisa memakai uang itu buat periksa ke dokter atau beli obat. Nggak cuma itu aja, perempuan hamil juga bisa dapat pelayanan khusus saat pakai transportasi umum. Ada kursi khusus di kereta. Kalo naik taksi, ada lampu khusus yang dinyalakan sebagai tanda bahwa taksi itu membawa ibu hamil. Urusan parkir pun, ada tempat khusus juga loh gaes. Biasanya ditandai dengan warna pink.
2. Tester makanan di supermarket
tester
Via Pikabu
Kalo lo masuk ke supermarket di Korea Selatan, jangan heran saat ngeliat ada banyak orang yang nyobain makanan. Ini emang udah jadi hal yang wajar banget. Jumlah makanan buat tester pun nggak terbatas. Lo boleh nyoba sebanyak yang lo mau bahkan saat akhirnya lo nggak beli pun nggak akan ada yang protes. Wueenaaknyaah!!
3. Kado barang habis pakai
gift
Via Pikabu
Biasanya orang bakal ngasih kado berupa barang yang nggak habis pakai. Misalnya aja sepatu, baju, boneka, dll dll. Beda sama orang Korea Selatan. Mereka justru lebih suka kado berupa benda habis pakai terutama berupa makanan. Misalnya aja yah kopi, tisu toilet, kue, dan lainnya.
4. Baju couple
couple outfit
Via Pikabu
Pasangan yang ada di Korea Selatan, seneng banget pakai baju kembar apalagi saat mereka lagi ke luar rumah. Mereka pasti pakai pakaian atau sepatu yang sama. Nggak heran kalo ada banyak banget toko yang jual baju dan sepatu couple. Oyah, kebiasaan ini nggak cuma berlaku buat pasangan muda loh. Pasangan yang udah berumur pun seneng banget pakai pakaian yang sama.
5. Kopi atau permen buat guru
gift
Via Pikabu
Menurut kebiasaan masyarakat di Korea Selatan, kado paling istimewa buat seorang guru yang dianggap berjasa adalah segelas kopi atau permen. Orangtua atau murid biasanya akan memberikan permen atau kopi ke guru sebagai ucapan terima kasih.
6. Tempat sampah dan toilet umum
toilet
Via National Safety Signs
Lo nggak akan nemuin tempat sampah di tempat umum karena orang-orang Korea Selatan rapi dan bersih banget. Mereka nggak akan buang sampah sembarang. Sebaliknya nih, ada banyak banget toilet di tempat umum. Semua toilet itu bersih banget dan bahkan ada toilet khusus buat orang-orang berkebutuhan khusus.

No comments:

Post a Comment