Friday, November 13, 2020

Tugas Tutorial 3 Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum

 

Kode/Nama Matakuliah

:

PDGK4502/Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

Tutor Pengampu

:

Lalu Sulhimunir, S.Pd.

Tugas Tutorial

:

3

Nama Mahasiswa

:

Aang Kusnadi Yamin

NIM

:

859129784

 

S O A L

1.     Uraian tentang pengertian kurikulum

2.     Uraian fungsi kurikulum bagi peserta didik

3.     Uraikan Komponen utama kurikulum

4.     Jelaskan Landasan Pengembangan Kurikulum

5.     Jelaskan Prinsip umum dalam pengembangan kurikulum

 

JAWABAN:

1.     Uraian tentang pengertian kurikulum:

Istilah kurikulum (curriculum), yang pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga, berasal dari kata curir (pelari) dan curere (tempat berpacu). Pada saat itu, kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali/penghargaan.

Kemudian, pengertian tersebut diterapkan dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran (subjects) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.

Dari pengertian tersebut, dalam kurikulum terkandung dua hal pokok, yaitu:

(1) adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa, dan

(2) tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh ijazah.

Secara konseptual pengertian kurikulum dapat dikelompokkan pada tiga dimensi pengertian, yaitu

(1) Kurikulum sebagai mata pelajaran (subjects),

(2) Kurikulum sebagai pengalaman belajar (learning experiences), dan

(3) Kurikulum sebagai program/rencana pembelajaran.

 

S. Hamid Hasan, seorang guru besar dan pakar ilmu kurikulum dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengklasifikasikan pengertian kurikulum menjadi empat dimensi pengertian, dimana satu dimensi dengan dimensi lainnya saling berhubungan. Keempat dimensi kurikulum tersebut, yaitu:

(1)  Kurikulum sebagai suatu ide/gagasan,

(2)  Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, yang sebenarnya merupakan perwujudan dari kurikulum  sebagai suatu ide,

(3)  Kurikulum sebagai suatu kegiatan, realita atau implementasi kurikulum; secara teoretis dimensi kurikulum ini adalah pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, dan

(4)  Kurikulum sebagai suatu hasil, yang merupakan konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.

 

2.     Uraian fungsi kurikulum bagi peserta didik:

Fungsi kurikulum bagi peserta didik yaitu sebagai pedoman belajar. Dengan kata lain adalah sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri dan konsumsi pendidikan. Hal ini berkaitan juga dengan pengejaran target - target yang membuat peserta didik dapat mudah memahami berbagai materi ataupun melaksanakan proses pembelajaran setiap harinya dengan mudah.

Secara lebih khusus, berkaitan dengan fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek didik terdapat enam fungsi kurikulum sebagai berikut. :

a)     Fungsi Penyesuaian (The Adaptive Function)

b)    Fungsi Integrasi (The Integrating Function)

c)     Fungsi Diferensiasi (The Differentiating Function)

d)    Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function)

e)     Fungsi Pemilihan (The Selective Function)

f)     Fungsi Diagnostik (The Diagnostic Function)

 

3.     Uraikan Komponen utama kurikulum:

Komponen utama kurikulum adalah sebagai berikut:

(1)  Tujuan,

(2)  Isi/bahan,

(3)  Strategi pembelajaran, dan

(4)  Evaluasi/Penilian

Uraian berikut lebih diarahkan pada pembahasan mengenai keempat aspek atau komponen tersebut di atas.

 

 

 

 

4.     Jelaskan Landasan Pengembangan Kurikulum:

Landasan Pengembangan Kurikulum yaitu:

A.        Landasan Filosofis

Landasan filosofis mengacu pada pentingnya filsafat dalam melaksanakan, membina, dan mengembangkan kurikulum di sekolah.

B.        Landasan Psikologis

Pendidikan berkaitan dengan perilaku manusia. Dalam proses pendidikan itu terjadi interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, baik lingkungan yang bersifat fisik maupun lingkungan sosial.

1.         Kurikulum dan Teori Perkembangan Siswa

2.         Kurikulum dan Teori Belajar

a.         Belajar itu berdasarkan keseluruhan

b.         Belajar adalah pembentukan kepribadian

c.         Belajar berkat pemahaman

d.         Belajar berdasarkan pengalaman

e.         Belajar itu adalah suatu proses perkembangan

f.          Belajar adalah proses kontinu

g.         Belajar dihubungkan dengan minat, perhatian, dan kebutuhan siswa

C.        Landasan Sosiologis

Landasan sosiologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan aspek masyarakat dan kebudayaan (society and culture).

a.         Kurikulum dan masyarakat

b.         Kebudayaan dan kurikulum

D.        Landasan Teknologis

Landasan teknologis mengarahkan kajian mengenai kurikulum yang dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).

 

5.     Jelaskan Prinsip umum dalam pengembangan kurikulum:

Prinsip-prinsip Umum Pengembangan Kurikulum

1.         Prinsip Berorientasi pada Tujuan/Kompetensi

           Tujuan kurikulum harus dapat dipahami dengan jelas oleh para pelaksana kurikulum untuk dapat dijabarkan menjadi tujuan-tujuan lainnya yang lebih spesifik dan operasional.

           Tujuan kurikulum juga harus komprehensif, yakni meliputi berbagai aspek domain tujuan, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. Hal ini perlu diperhatikan agar keluaran yang dihasilkan memiliki ketiga aspek domain tujuan tersebut secara utuh.

 

2.         Prinsip Kontinuitas

           Materi kurikulum harus memiliki hubungan hierarkis fungsional. Bahan atau materi kurikulum perlu dikembangkan  secara berkesinambungan mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, bahkan sampai ke jenjang Pendidikan Tinggi.

 

 

3.         Prinsip Fleksibilitas

           adanya ruang gerak yang memberikan sedikit kelonggaran dalam melakukan atau mengambil suatu keputusan tentang suatu kegiatan  yang akan dilaksanakan oleh pelaksana kurikulum

4.         Prinsip Integritas/keterpaduan,

           Manusia yang mampu selaras dengan lingkungan hidup sekitarnya, mampu menjawab berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupannya.  Kurikulum harus dapat mengembangkan berbagai keterampilan hidup (life skills), diantaranya:

a)     Keterampilan mengenal diri sendiri (self awareness) atau keterampilan personal (personal skill), kurikulum harus dapat  mengembangkan berbagai keterampilan hidup (life skills).

b)    Keterampilan berpikir rasional (thinking skill)

c)     Keterampilan sosial (social skill)

d)    Keterampilan akademik (academic skill)

e)     Keterampilan vokasional (vocational skill)

 

 

No comments:

Post a Comment