Friday, November 13, 2020

Tugas Tutorial 1 Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum

 TUGAS TUTORIAL 1

MATA KULIAH: PDGK 4502 PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD

SEMESTER: 2

 

SOAL

1.     Jelaskan profil kurikulum sekolah dasar sebelum tahun 1968 !

2.     Jelaskan hakikat KTSP !

3.     Jelaskan produk pengembangan kurikulum sekolah dasar sebelum dan sesudah pemberlakuan undang-undang No 20 th 2003 !

4.     Uraikan solusi anda sehubungan dengan mengantisivasi pengembangan kurikulum pada masa yang akan datang !

5.     Sebutkan perbedaan kurikulum SD tahun 1975 dengan tahun 1984 !

 

NAMA            : AANG KUSNADI YAMIN

NIM                : 859129784

 

JAWAB

 

1.     Profil kurikulum sekolah dasar sebelum tahun 1968:

Pada tahun 1952, Kementerian PP dan K  : Rencana Pelajaran Terurai

Muatan Pelajarannya terdiri dari: Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Berhitung, Ilmu, Alam, Ilmu Hayat, Ilmu Bumi, dan Sejarah

Tahun 1964

Departemen PP dan K           : Rencana Pendidikan

·                empat unsur pokok

1. Dasar, tujuan, dan sistem pendidikan dasar;
2.
Struktur program kurikulum;
3.
Garis-garis besar program pengajaran tiap wardhana; dan
4.
Pedoman pelaksanaan hari krida di SD.

·                Dasar pendidikan adalah Pancasila dan Manipol Usdek

·                Sistem Pancawardana atau lima aspek perkembangan, yang terdiri atas berikut ini.
1. Perkembangan moral,
2. Perkembangan intelegensi (kecerdasan),
3. Perkembangan emosional artistik,

4. Perkembangan keprigelan,
5. Perkembangan jasmaniah,

 

 

2.     Hakikat KTSP di bagi atas beberapa bagian yaitu:

a.     Konsep dasar yaitu undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 36 ayat 1 dan 2.

b.     Karakteristik KSP seperti, otonomi luas kepada sekolah dan aturan pendidikan,partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi,kepemimpinan yang demokratis dan profesional serta tim kerja yang kompak dan transparan.

c.     Tujuan umum diterapkannya KTSP adalah untuk mendirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (ekonomi) kepada lembaga pendidikan

d.     Tujuan khusus

1.          Secara khusus tujuan diterapkannya KTSP adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan  inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, memgelola, dan memberdayakan sumber daya yang tersedia

2.          Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama

3.          Meningkatkan kompetensi yang sehat antar satuan pendidikan yang akann dicapai

KTSP merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang disusun oleh dan dilaksanakan di sekolah sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah untuk memenuhi  Kebutuhan dan perkembangan siswa.

Kurikulum 2006 atau KTSP lebih bersifat desentralistik.

KTSP di susun oleh Kepala Sekolah,Guru, komite, nara sumber Pihak yang Berkepentingan dengan Sekolah (Stakeholders).

Sekolah diharapkan mampu memberdayakan semua sumber daya sekolah secara optimal, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber dana, dan sumber belajar sehingga dapat mewujudkan kemandirian pengelolaan pendidikan dan ketercapaian tujuan pendidikan secara efisien.

 

3.     Produk kurikulum sebelum dan sesudah di berlakukannya undang – undang No 20 tahun 2003 yaitu :

  • Sebelum diberlakukan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, produk pengembangan kurikulum sekolah dasar terdiri atas : landasan,
  • tujuan dan program,
  • garis-garis besar program pengajaran (GBPP),
  • pedoman pelaksanaan, dan
  • penilaian.

Setelah diberlakukan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, produk pengembangan kurikulum sekolah mengalami penyempurnaan berkaitan dengan adanya standar nasional pendidikan, yaitu terdiri atas  (a) standar isi, (b) standar kompetensi lulusan, (c) standar proses, dan (d) standar penilaian pendidikan

 

 

 

 

4.     Menurut saya, untuk mengantisipasi pengembangan kurikulum pada masa yang akan datang diperlukan:

Kualitas sumber daya manusia yang harus dihasilkan pendidikan di masa depan tersebut adalah mereka yang memiliki tiga ciri utama:

(1) menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,

(2) memiliki kreativitas, dan

(3) memiliki solidaritas sosial.

Dengan memiliki 4 kemampuan yaitu

1. Kemampuan Dasar

sekolah dasar di Indonesia seharusnya dikembangkan untuk membantu siswanya menguasai kompetensi yang berguna bagi kehidupannya di masa depan, yaitu  kompetensi keagamaan,

kompetensi akademik, kompetensi ekonomik, dan

kompetensi sosial-pribadi

2. Kemampuan Belajar Sepanjang Hayat

3. Pemanfaatan Teknologi

4. Pendidikan Moral

 

 

5.     Perbedaan kurikulum 1975 dengan kurikulum 1984 yaitu:

Kurikulum SD 1975

Kurikulum ini menganut pendekatan yang berorientasi pada

  • tujuan,
  • pendekatan  integratif,
  • pendekatan sistem, dan
  • pendekatan ekosistem.

 

Kurikulum Sekolah Dasar Tahun 1984

mengacu kepada tiga aspek perkembangan murid, yaitu

·     ranah kognitif yang berisi kemampuan berpikir,

·     ranah afektif yang mengungkapkan pengembangan sikap, dan

·     ranah psikomotorik yang berisi kemampuan bertindak.

Prinsip yang digunakan, yaitu prinsip relevansi,

·    efisiensi-efektivitas,

·    fleksibilitas,

·    kontinuitas, dan

·    pendidikan seumur hidup (1). memiliki sifat-sifat dasar sebagai warga negara yang baik; (2). sehat jasmani dan rohani; serta (3). memiliki pengetahuan, keterampila nn dan sikap dasar yang diperlukan

Prinsip-prinsip Kurikulum Sekolah Dasar, 1984, yaitu sebagai berikut.
1. (prinsip relevansi).

2. (prinsip kontinuitas).

3. (prinsip pendidikan seumur hidup).
4. (prinsip fleksibilitas). nya

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment