Friday, November 13, 2020

RESUME MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MODUL 6

Dalam pembelajran ABK modul 6 ini kita akan membahas tentang “ pendidikan khusus anak tunagrahita”. Dimana dalam modul 6 ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran:

KB 1 yaitu  membhasa tentang definisi,klasifikasi,penyebab,dan cara pencegah tunagrahita

KB 2 yaitu membahas tentang dampak ketunagrahitaan

KB 3 yaitu tentang kebutuhan khusus dan profil penduidikan bagi anak tunagrahita

Selanjutnya yang pertama kita akan membhas kegiatan pembelajran 1 yaitu :

A.    Definisi tuna grahita

1.     peristilahan

Ada beberapa istilah yang di gunakan dalam definisi ini di dalam bahasa indonesia yaitu :

1.     Lemah otak

2.     Lemah ingatan

3.     Lemah fikiran

4.     Retardasi mental

5.     Terbelakang mental

6.     Cacat grahita

7.     Tunagrahita

Sedangkan definisi dalam bahas inggris yaitu :

1.     Mental retardation

2.     Mental deficiency

3.     Mentally handicapped

4.     Feebliminded

5.     Mental subnormality

Dan untuk lebih jelasnya bisa di baca pada modul halaman 6.4

2. Pengertian

Pengertian yang di maksudkan di sisni adalah pemahaman yang jelas tentang siapa dan bagaiman kah anak tunagrahita itu dan merupakan hal yangsangat penting untuk menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran yang tepat bagi penyandang tunagrahita tersebut.

Dari definisi tersebut beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut :

a.     Fungsi intlektual umum secara signifikan berada di bawah rata-rata

b.     Kekuranga dalam tingkah laku penyesuaian ( perilaku adaptif )

c.     Ketunagrahitaan berlangsung pada periode perkembangan

B.    Klafikasi anak tunagrahita

Klarifikasi anak tunagrahita ini sangat penting dilakukan untuk mempermudah guru dalam penyusunan program dan melaksanakn layana pendidikan.

Klarifikasi inipun bermacam-macam sesuai dengan disisplin ilmu mauapun perubahan pandangan terhadap keberadaan anak tunagrahita.

Klasifikasi yang di gunakan sekarang adalah yang di kemukakan oleh American Asociation on Mental Deficiency ( Hallahan, 1982:43 ),sebagai berikut ;

1.     Mild mentak retardation

2.     Moderate mental retardation

3.     Profound mental retardation

Selengkapnya bsa di baca pada modul halaman 6.7

C.    Penyebab dan cara pencegahan ketunagrahitaan

1.     Penyebabnya antara lain

a.     Penyebab genetik dan kromososm

b.     Penyebab pada pra kelahiran

c.     Penyebab pada saat kelahiran

d.     Penyebab-penyebab selama masa perkembangan anak-anak dan remaja

2.     Usaha pencegahan bisa di lakukan dengan cara

a.     Penyuluhan genetik

b.     Diagnostik prenatal

c.     Imunisasi

d.     Tes darah

e.     Melalui program keluarga berencana

f.      Tindakan oprasi

g.     Sanitasi lingkungan

h.     Pemeliharaan kesehatan

i.      Intervensi dni

j.      Diet sesui dengan pentunjuk ahli kesehatan

Maksudnya bisa di baca di modul 6.13

 

Kegiatan pembelajaran 2 yaitu tentang dampak ketunagrahitaan

A.    Dampak secara umum

1.     Dampak terhadap kemampuan akademik

2.     Sosial emosional

3.     Fisik/kesehatan

B.    Dampak di tinjau dari tingkat ketunagrahitaan itu sendiri dapat di bagi menjadi :

1.     Tunagrahita ringan

2.     Tunagrahita sedang

3.     Tunagrahita berat dan sangat berat

C.    Dampak di lihat dari waktu terjadinya yaitu dapat mempengaruhi hambatan yang di derita oleh anak tersebut,contohnya anak yang baru lahir tanpak mengantuk terus,apatis,tidak pernah sadar,jarang menangis,kalau sudah menangis susah berhentinya, terlambat duduk,bicara dan berjalan. Lebih jelasnya ada pada modul halaman 6.24

Kegiatan pembelajaran 3 yaitu tentang kebutuhan khussus dan profil pendidikan bagi anak tunagrahita

A.    Kebutuhan khusus anak tunagrahita

1.     kebutuhan pendidikan

2.     kebutuhan sosial dan emosi

3.     kebutuhan fisik dan kesehatan

B.    profil pendidikan anak tunagrahita

1.     tujuan pendidikan anak tunagrahita ( 6.32 )

2.     ciri khas pelayanan ( 6.36 )

3.     materi

4.     strategi pembelajaran

5.     media

6.     sarana

7.     fasilitas pendukung

8.     evaluasi

Demikian sedikit pemaparan dari kelompok modul 6 tentang PENDIDIKAN KHUSUS ANAK TUNAGRAHITA.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment