Friday, November 13, 2020

TUGAS TUTORIAL 2 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

SOAL

 

1.  Jelaskan cara penataan ruang kelas yang baik, serta jelaskan pula kekurangan yang Anda lalukan selama ini dalam penataan ruang kelas? (skor 30)

2. Mengapa perlu membangun iklim kerjasama baik di dalam sekolah sendiri maupun dengan sekolah lain? (skor 30)

3. Jelaskan yang dimaksud dengan sekolah dan rekan sejawat sebagai sumber belajar, sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar, dan lingkungan sebagai sumber belajar? (skor 40)

 

**SELAMAT BEKERJA**


 

JAWABAN

 

1.          Pengorganisasian kelas dalam arti fisik meliputi 3 unsur, yaitu penataan ruang kelas, pengaturan denah, dan pengaturan pajangan. Penataan ruang kelas sangat penting karena iklim pembelajaran dapat dipengaruhi oleh keadaan fisik ruang. Penataan ruang kelas diciptakan secara kondusif agar murid merasa betah belajar di kelas. Selain itu, ruang kelas yang tertata baik dapat menciptakan semangat belajar.

Inti cara pengorganisasian kelas terutama terletak pada:

a.     Kemampuan guru menata denah ruang kelas, antara lain yang berhubungan dengan meja, papan tulis, sumber belajar, tempat penyimpanan bahan dan alat, dan pajangan kelas;

b.     Memanfaatkan hasil karya murid untuk dipajangkan, dan ini akan meningkatkan karsa, dan karya murid.

(Kekurangan) yang selama ini sering saya lakukan yaitu tidak mampu menata ruang kelas terutama yang berhubungan dengan meja dan penyimpanan bahan dan alat. Selama ini saya terutama sering mengacuhkan posisi meja siswa dan bisa saya katakan monoton dengan model penempatan meja siswa dan guru yang sudah lazim. Kemudian, tidak begitu memperhatikan posisi penyimpanan bahan dan alat, terutama pada alat kebersihan kelas dengan hanya membiarkan menumpuk di pojokan kelas. Biasanya seperti itu. Dengan mempelajari mata kuliah pembelajaran kelas rangkap dan mengetahui apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru di sekolah dasar terutama saat pembelajaran kelas rangkap saya mulai sadar akan pentingnya penataan ruang kelas. Saya kira hal semacam itu merupakan kekurangan yang sudah sering saya lakukan.

2.          Membangun iklim Kerjasama baik di dalam sekolah sendiri maupun dengan sekolah lain saya kira sangat perlu dilakukan dikarenakan ada tujuan pembelajaran yang dicita-citakan yang harus dicapai dalam pendidikan. Tentunya hal tersebut tidak bisa lakukan dan dicapai jika hanya berjalan sendiri-sendiri. Tidak mungkin sebuah tujuan Pendidikan di sekolah tersebut akan tercapai dengan sebuah keberhasilan jika tidak terjalin Kerjasama yang baik di dalamnya, begitu juga dengan kerja sama yang baik dengan sekolah lain. Karena untuk mendukung tercapainya cita-cita keberhasilan di sekolah tersebut tentu pula dengan kerja sama yang baik antara guru dengan guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan komite, guru dengan wali murid dan bahkan dengan sekolah lain. Itu semua dalam rangka melengkapi setiap kekurangan yang ada dalam diri seorang guru dan juga kekurangan yang terdapat dalam sekolah tersebut. Dengan Kerjasama dengan sekolah lain sebuah sekolah sudah mampu menciptakan sumber belajar bagi siswanya.

Menciptakan sumber belajar, dan sumber daya merupakan faktor penting bagi sekolah-sekolah di daerah terpencil yang menghadapi berbagi kesulitan dan keterbatasan. Oleh karena itu, membangun iklim kerja sama antar semua lini sangat penting.

3.          Sebagaimana yang kita ketahui bahwa belajar mandiri merupakan salah satu prinsip dasar PKR, tanpa belajar mandiri PKR tidak dapat terlakasana secara efektif, guru harus mampu menciptakan “kondisi“ agar murid dapat belajar mandiri. Kondisi yang dimaksud adalah dengan perlengkapan dan sumber belajar yang memadai. Usaha-usaha guru untuk memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sumber belajar yang efektif meliputi:

a.     Sekolah dan rekan sejawat sebagai sumber belajar, yaitu usaha guru untuk mengkondisikan keberadaan sekolah dan rekan-rekan guru sebagai sumber belajar di sekolah. Fitrah manusia yang tidak ada yang sempurna sehingga dalam hal ini memposisikan diri untuk saling menyempurnakan bentuk-bentuk kekurangan dari guru dan sekolah tersebut dalam memberikan layanan Pendidikan yang maksimal dan sesuai dengan tujuan Pendidikan itu sendiri. Dengan memanfaatkan kemampuan rekan sejawat diharapkan sumber belajar terpenuhi dengan baik.

b.     Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu, Sekolah Dasar saat ini sudah memiliki potensi yang cukup baik untuk menjadi lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dengan cara melengkapi berbagai sumber misalnya kebun sekolah, tanaman dalam pot, peternakan dan berbagai tanaman hias di ruang kelas.

c.     Lingkungan sebagai sumber belajar yaitu, untuk menunjang proses belajar mandiri, perlu adanya suasana yang mendorong murid dan guru untuk  memanfaatkan lingkungan sekitar yang ada. Suasana tersebut adalah adanya persiapan alat / bahan sebagai sumber belajar dan terciptanya lingkungan belajar untuk menunjang proses belajar mandiri

Di lingkungan tempat tinggal kita ataupun di lingkungan sekolah, terdapat kekayaan alam yang sangat melimpah dan dapat dimanfaatkan untuk menutupi serba kekurangan sumber belajar. Lingkungan alam sekitar baik lingkungan lam maupun lingkungan social budaya seperti “laboratorium raksasa”, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh murid-murid.

 

 

Terimakasih…

 

 

No comments:

Post a Comment