Friday, November 13, 2020

Tugas Tutorial 2 Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum

 

Kode/Nama Matakuliah

:

PDGK4502/Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

Tutor Pengampu

:

Lalu Sulhimunir, S.Pd.

Tugas Tutorial

:

2

Nama Mahasiswa

:

Aang Kusnadi Yamin

NIM

:

859129784

 

JAWABAN:

1.     Prinsip dalam menyusun RPP:

    1. Memperhatikan Perbedaan Individu Siswa
    2. Mendorong Partisipasi Aktif Siswa
    3. Mengembangkan Budaya Membaca dan Menulis
    4. Memberikan Umpan Balik dan Tindak Lanjut

 

  1. Karakteristik yang dijadikan pertimbangan dalam menyusun RPP:

a.     Ditujukan untuk Siswa Belajar: harus child centered  memenuhi kebutuhan siswa, perkembangan siswa, mengandung norma yang positif, dan memperhatikan minat dan perhatian siswa.

b.     Memiliki Tahap-tahap                       

c.     Sistematis                              

d.     Pendekatan Sistem     

e.     Didasarkan pada Proses Belajar Manusia

 

  1. Membuat satu buah indicator pada setiap KD:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar :

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Indikator: Menulis simbol sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru.

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Indikator: Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar :

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Indikator: Mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

 

4.     Membuat Tujuan Pembelajaran:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar:

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Indikator: Menulis simbol sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru.

Tujuan Pembelajaran: Dengan menulis simbol sila-sila dalam pancasila yang dibacakan oleh guru, siswa mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambing Negara Garuda Pancasila.

 

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Indikator: Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

Tujuan Pembelajaran: Melalui memasangkan symbol-simbol sila pancasila dengan sila-sila pada pancasila siswa mampu menceritakan symbol-simbol sila pancasila pada lambing garuda pancasila.

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Indikator: Mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Tujuan Pembelajaran: Melalui mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain siswa mampu merinci ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun.

 

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

Tujuan Pembelajaran: Dengan Mengucapkan ungkapan terima kasih menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain siswa mampu mempraktikkan ungkapan terima kasih kepada orang lain secara lisan dan tulis.

 

5.     Materi Pelajaran:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar:

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Indikator: Menulis simbol sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru.

Tujuan Pembelajaran: Dengan menulis simbol sila-sila dalam pancasila yang dibacakan oleh guru, siswa mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambing Negara Garuda Pancasila.

Materi Pelajaran: Sila-sila dalam Pancasila (Alasan: dikarenakan materi sudah cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

 

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Indikator: Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

Tujuan Pembelajaran: Melalui memasangkan symbol-simbol sila pancasila dengan sila-sila pada pancasila siswa mampu menceritakan symbol-simbol sila pancasila pada lambing garuda pancasila.

Materi Pelajaran Simbol-simbol sila Pancasila (Alasan: dikarenakan materi cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Indikator: Mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Tujuan Pembelajaran: Melalui mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain siswa mampu merinci ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

 

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

Tujuan Pembelajaran: Dengan Mengucapkan ungkapan terima kasih menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain siswa mampu mempraktikkan ungkapan terima kasih kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

 

6.     Media Pembelajaran yang dapat digunakan:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar:

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Indikator: Menulis simbol sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru.

Tujuan Pembelajaran: Dengan menulis simbol sila-sila dalam pancasila yang dibacakan oleh guru, siswa mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambing Negara Garuda Pancasila.

Materi Pelajaran: Sila-sila dalam Pancasila (Alasan: dikarenakan materi cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

Media: Gambar Garuda Pancasila, Gambar lambang sila-sila Pancasila

 

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Indikator: Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

Tujuan Pembelajaran: Melalui memasangkan symbol-simbol sila pancasila dengan sila-sila pada pancasila siswa mampu menceritakan symbol-simbol sila pancasila pada lambing garuda pancasila.

Materi Pelajaran: Simbol-simbol sila Pancasila (Alasan: dikarenakan materi cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

Media: Gambar Garuda Pancasila, Gambar lambang sila-sila Pancasila

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Indikator: Mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Tujuan Pembelajaran: Melalui mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain siswa mampu merinci ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

Media: Video yang berisi interaksi penggunaan Kata Sapaan

 

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

Tujuan Pembelajaran: Dengan Mengucapkan ungkapan terima kasih menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain siswa mampu mempraktikkan ungkapan terima kasih kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

Media: Video yang berisi interaksi penggunaan Kata Sapaan

 

7.     Metode yang digunakan:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar:

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Indikator: Menulis simbol sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru.

Tujuan Pembelajaran: Dengan menulis simbol sila-sila dalam pancasila yang dibacakan oleh guru, siswa mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambing Negara Garuda Pancasila.

Materi Pelajaran: Sila-sila dalam Pancasila (Alasan: dikarenakan materi cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

Media: Gambar Garuda Pancasila, Gambar lambang sila-sila Pancasila

Metode: Demonstrasi, Ceramah, Diskusi

 

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Indikator: Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila

Tujuan Pembelajaran: Melalui memasangkan symbol-simbol sila pancasila dengan sila-sila pada pancasila siswa mampu menceritakan symbol-simbol sila pancasila pada lambing garuda pancasila.

Materi Pelajaran: Simbol-simbol sila Pancasila (Alasan: dikarenakan materi cukup sesuai dengan KD dan Indikator pembelajaran)

Media: Gambar Garuda Pancasila, Gambar lambang sila-sila Pancasila

Metode: Demonstrasi, Ceramah, Diskusi

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Indikator: Mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Tujuan Pembelajaran: Melalui mencontohkan ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain siswa mampu merinci ungkapan penyampaian terima kasih kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

Media: Video yang berisi interaksi penggunaan Kata Sapaan

Metode: Ceramah, roleplay

 

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

Tujuan Pembelajaran: Dengan Mengucapkan ungkapan terima kasih menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain siswa mampu mempraktikkan ungkapan terima kasih kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Materi Pelajaran: Kegiatanku/Kegiatan Pagi Hari/Kata Sapaan (Alasan: dikarenakan ungkapan terimakasih biasa digunakan ketika saling tegur sapa, jadi materi tersebut sudah cocok dengan KD dan Indikator)

Media: Video yang berisi interaksi penggunaan Kata Sapaan

Metode: Ceramah, roleplay

 

8.     Langkah Kegiatan Inti:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kegiatan Inti

 “Masa Kecil yang Menyenangkan”

Mengamati

1.     Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu Bunda Piara.

2.     Siswa diajak membaca bersama-sama wacana yang terdapat pada buku siswa.

Menanyakan

3.     Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku siswa.

Mengeksperimen/Explore

4.     Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.

Mengasosiasi

5.     Setiap kelompok menceritakan kembali hasil diskusi mereka.

Mengkomunikasikan

6.     Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok.

Mengamati

7.     Siswa mengamati gambar burung garuda pada buku siswa.

Menanyakan

8.     Siswa mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa.

Mengeksperimen/Explore

9.     Siswa dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol-simbolnya.

Mengasosiasi

10.  Siswa diminta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.

11.  Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.

12.  Siswa berlomba memasangkan simbol sila-sila dalam Pancasila secara berkelompok.

13.  Guru menyebutkan sila-sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol yang dimaksud.

Mengkomunikasikan

13. Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan paling belakang, peserta di barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang mampu mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.

14. Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang bunyi dari sila pertama.

 

9.     Membuat butir evaluasi dan penskoran:

Tes Kinerja atau Perbuatan:

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Indikator: Mengucapkan ungkapan terima kasih dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.

Soal: Ucapkan ungkapan terima kasih yang ada pada teks berikut!

Penilaian:

Aspek yang dinilai

Skala

4

3

2

1

Ketepatan lafal

 

 

 

 

Ketepatan intonasi

 

 

 

 

Ekspresi

 

 

 

 

 

10.  Jenis-jenis pengalaman belajar siswa:

Muatan Pembelajaran: PKn

Kompetensi Dasar:

3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.

Pengalaman belajar: Pengalaman belajar untuk mengembangkan keterampilan berpikir keterampilan berpikir.

 

4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

Pengalaman belajar: Pengalaman belajar untuk mengembangkan keterampilan berpikir keterampilan berpikir.

 

Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.

Pengalaman belajar: Pengalaman belajar untuk membangun sikap sosial.

 

4.8.  Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.

Pengalaman belajar: Pengalaman belajar untuk membangun sikap sosial.

 

No comments:

Post a Comment